Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP17




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  17

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII ( dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI

Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen


KOMPETENSI DASAR
Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi


INDIKATOR
Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi
Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen


ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Buku kumpulan cerpen
Struktur dan unsur-unsur resensi
Identitas buku
Kepengarangan
Kekurangan dan   kelebihan isi buku
Bahasa pengarang, dll



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru  mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa   mengingat kembali pelajaran meresensi buku yang pernah diterima sebelumnya
Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita cerpen  yang pernah dibahas dan dikutip dari buku kumpulan cerpen
Guru menunjukkan  sebuah buku kumpulan cerpen edisi terbaru dari  penerbit  yang sama atau  berbeda



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)
Guru membacakan contoh resensi buku kumpulan cerpen dan siswa diajak untuk mencermati struktur dan unsur-unsurnya
Siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan buku kumpulan cerpen baik di perpustakaan sekolah/umum atau toko buku. Guru dapat merekomendasikan beberapa judul yang diketahuinya dan mudah diperoleh siswa
Siswa diberi kesempatan untuk membaca seluruh cerpen yang ada di buku  kumpulan cerpen yang diresensinya
Siswa diminta untuk membuat garis besar isi, menginventaris judul-judul cerpen yang menarik beserta alasannya,     kelebihan dan kekurangan, nilai-nilai yang bisa dipetik, dan bahasa   yang dipergunakan.
Siswa diminta untuk mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku kumpulan cerpen yang diresensi
Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan.
Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya
Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya
Guru  menanggapi  beberapa resensi yang sudah dibuat dengan sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 82-83
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
 Buku kumpulan cerpen
V
Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan

Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku kumpulan cerpen (terlampir di bawah)

No comments: