BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 17
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII ( dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen |
KOMPETENSI DASAR | Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi |
INDIKATOR | Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan resensi Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku kumpulan cerpen |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Buku kumpulan cerpen Struktur dan unsur-unsur resensi Identitas buku Kepengarangan Kekurangan dan kelebihan isi buku Bahasa pengarang, dll |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
| Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru mengajukan sejumlah pertanyaan lisan untuk mengajak siswa mengingat kembali pelajaran meresensi buku yang pernah diterima sebelumnya Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita cerpen yang pernah dibahas dan dikutip dari buku kumpulan cerpen Guru menunjukkan sebuah buku kumpulan cerpen edisi terbaru dari penerbit yang sama atau berbeda |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) |
Guru membacakan contoh resensi buku kumpulan cerpen dan siswa diajak untuk mencermati struktur dan unsur-unsurnya Siswa diberi kesempatan untuk mendapatkan buku kumpulan cerpen baik di perpustakaan sekolah/umum atau toko buku. Guru dapat merekomendasikan beberapa judul yang diketahuinya dan mudah diperoleh siswa Siswa diberi kesempatan untuk membaca seluruh cerpen yang ada di buku kumpulan cerpen yang diresensinya Siswa diminta untuk membuat garis besar isi, menginventaris judul-judul cerpen yang menarik beserta alasannya, kelebihan dan kekurangan, nilai-nilai yang bisa dipetik, dan bahasa yang dipergunakan. Siswa diminta untuk mengidentifikasi data publikasi dan kepengarangan buku kumpulan cerpen yang diresensi | |
Pertemuan ke-2 (45’) | |
Siswa menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan data-data dan bahan yang telah dikumpulkan. Siswa saling menukarkan hasil karangan resensinya dengan siswa lain untuk diedit baik isi, struktur, maupun bahasanya Siswa diberi waktu untuk mengetik dan mengumpulkan karangannya keesokan harinya Guru menanggapi beberapa resensi yang sudah dibuat dengan sangat bagus dan merekomendasikannya untuk dikirim ke mediamassa. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran Guru mendorong siswa untuk terus mengasah keterampilannya menulis resensi buku dan meminta dalam setiap edisi majalah sekolah/kording ada tulisan resensi buku. |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 82-83 Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Buku kumpulan cerpen |
V | Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas membuat resensi buku kumpulan cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tugas menulis resensi buku kumpulan cerpen (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment