08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP30





BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  30

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
KOMPETENSI DASAR
  Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan
  melalui radio/televisi  

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu menyimak informasi dari siaran televisi/radio dengan saksama
Mampu mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Mampu mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Mampu menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/televisi/rekaman
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Siaran langsung dari televisi/radio
Rekaman informasi dari televisi/radio
Pokok-pokok isi informasi dari siaran televisi/radio
Cara mengajukan saran perbaikan informasi
Ringkasan isi informasi dari siaran televisi/radio

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang peranan televisi/radio sebagai sarana informasi dan komunikasi
Guru dan siswa bertanya jawab tentang manfaat informasi langsung
INTI
Guru memperdengarkan penyampaian informasi langsung atau rekaman dari televisi/radio
Siswa mendengarkan informasi melalui radio/ televisi
Siswa mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
Siswa mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
Siswa berdiskusi untuk menyusun ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman informasi
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
Siswa merefleksikan isi dan manfaat informasi
Siswa mengerjakan uji kompetensi
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 155-158
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman informasi

Media cetak dan elektronik


Website internet

  v
Narasumber
Pembaca berita
  v
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman sebagai pembaca berita
  v
Lingkungan
Informasi-informasi langsung berbentuk lisan yang bisa ditemukan di masyarakat


Metode
 
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang peranan televisi/radio sebagai saran informasi
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang manfaat informasi 
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

RUBRIK OBSERVASI DAN PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI
YANG DISAMPAIKAN MELALUI RADIO/TELEVISI


NAMA SISWA                     :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
KOMPETENSI DASAR     : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang
                                                    disampaikan melalui radio/televisi     




ASPEK


RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



ISI SARAN
Sesuai dengan topik informasi




Kritis, menunjuk bagian yang salah
Isi saran asli dan aktual
Gagasan  logis dan realistis
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai


SISTEMATIKA
SARAN
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan tujuan saran
Ada  inti saran  
Ada kesimpulan/penegasan saran

BAHASA SARAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat

ETIKA PENYAMPAIAN
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi waktu

                                            JUMLAH SKOR







                           Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: