BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 23
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif |
KOMPETENSI DASAR | Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menemukan paragraf yang berpola induktif Mampu menemukan paragraf yang berpola deduktif Mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf berpola induktif Mampu mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf berpola deduktif Mampu mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks paragraf yang berpola induktif Teks paragraf yang berpola deduktif Ciri-ciri paragraf induktif Ciri-ciri paragraf deduktif Gagasan-gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pemahamannya tentang paragraf induktif Siswa ditanya pemahamannya tentang paragraf deduktif |
INTI | Siswa menerima dan membaca intensif beberapa paragraf Siswa berdiskusi untuk menemukan paragraf yang berpola induktif dan deduktif Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi ciri-ciri teks paragraf yang berpola induktif dan deduktif Setiap kelompok diskusi mencari masing-masing 1 pola pengembangan paragraf induktif dan deduktif Setiap kelompok mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung paragraf induktif dan deduktif Setiap kelompok menyusun laporan hasil diskusinya dalam bentuk makalah sederhana Setiap wakil kelompok mempresentasikan makalahnya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan pola-pola pengembangan paragraf Siswa mengungkapkan pengalamannya menggunakan paragraf induktif dan deduktif Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 111-116 |
| Material: VCD, kaset, poster | | |
v | Mediacetak dan elektronik | Berita, tajuk rencana, artikel yang memuat paragraf induktif dan deduktif | |
v | Website internet | Teks yang berupa paragraf induktif dan deduktif | |
v | Narasumber | Penulis, pengarang | |
| Model peraga | | |
v | Lingkungan | Teks-teks wacana yang bisa ditemukan di masyarakat | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang paragraf induktif dan deduktif Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK OBSERVASI KINERJA INDIVIDU
DALAM DISKUSI KELOMPOK
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
D (10) | C (15) | B (20) | A (25) | ||
PARTISIPASI DAN SIKAP DIRI | Terlibat secara aktif dan penuh inisiatif | | | | |
Prosedural dan kooperatif terhadap aturan main | |||||
Memperhatikan dan menghargai pendapat orang lain | |||||
BAHASA | Runtut, terstruktur dengan baik | | | | |
Komunikatif (mudah dipahami) | |||||
Efektif (singkat dan jelas) | |||||
Diksi variatif dan tepat konteks | |||||
KUALITAS PENDAPAT / GAGASAN | Pembicaraan tidak menyimpang dari topik dan menyasar ke substansi persoalan | | | | |
Gagasan orisinal dan kreatif (tidak meniru) | |||||
Usulan disertai alasan /bukti pendukung | |||||
Konsisten atas pendapatnya sendiri | |||||
JUMLAH SKOR | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment