Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP3,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  3

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
 Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
KOMPETENSI DASAR
Menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
INDIKATOR
§  Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
§  Menulis cerpen tentang kehidupan orang lain dengan memerhatikan unsur-unsur cerpen
§  Menanggapi cerpen yang ditulis teman
ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit (  2  pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menulis cerpen  berdasarkan kehidupan orang lain
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
§  Topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat)
§  Unsur-unsur cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
§ Guru mensurvei sekilas siswa yang suka membaca dan yang suka membaca sekaligus menulis cerpen
§ Siswa mendengarkan siswa yang mau men-sharingkan pengalamannya menulis cerpen: motivasi dan proses penciptaannya
§ Siswa menyimak pembacaan sebuah cerpen karya siswa yang ditulis berdasarkan atau diinspirasi pengalaman nyata


INTI
Pertemuan ke-1 ( 45’) 
§ Dengan panduan pertanyaan Guru, siswa bersama-sama merumuskan definisi cerpen (unsur-unsur pembentuknya, kriterianya, serta perbedaannya dengan novel).
§ Guru menjelaskan tahap-tahap proses kreatif penciptaan cerpen
§ Siswa berpasangan/berkelompok untuk saling men-sharingkan pengalaman hidupnya yang berkesan,menarik, dan bernilai
§ Siswa memilih dan menetapkan satu pengalaman hidup teman yang menarik untuk di-cerpen-kan.
Pertemuan ke-2 (90’)
§ Guru menjelaskan tentang tatcara penulisan cerpen, terutama cakapan/dialog tokoh
§ Siswa menulis cerpen berdasarkan pengalaman teman/orang lain.
§ Siswa saling menukarkan cerpennya untuk ditanggapi dan diedit
§ Siswa memperbaiki cerpennya berdasarkan masukan dan catatan pengeditan teman.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

§ Guru mendorong siswa untuk terus  mengasah kemampuannya menulis cerpen, terutama yang merasa ada bakat dalam dirinya.
§ Guru  menyampaikan projek kepada siswa untuk mempublikasikan/membukukan cerpen karya siswa sekelas/sekelompok.
§ Siswa menjawab soal-soal Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang cerpen yang telah dipelajarinya.
§ Siswa merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran.            

SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
§ Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas XII  karya Alex Suryanto dan Agus Haryanta terbitan ESIS 2007 halaman 12 - 16
§ Dasar-Dasar Penulisan Cerpen, karya Korrie Layun Rampan, terbitan Nusa Indah, tahun 1995 hal 9 -98
§ Apresiasi Puisi dan Prosa karya Putu Arya Tirtawirya  terbitan Nusa Indah halaman 58 -107

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Kisah-kisah hidup yang ditulis di majalah/koran  atau ditayangkan di tv
V
Website internet
www.cybersastra.net
V
Narasumber
siswa teman sekelas
V
Model peraga
cerpen karya siswa
V
Lingkungan
Lingkungan masyarakat sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


§ Tugas untuk menulis cerpen
§ Daftar pertanyaan  Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
§ Projek membukukan cerpen karya siswa sekelas/sekelompok
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
   Rubrik penilaian penulisan cerpen


No comments: