Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP18




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  18

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi 

KOMPETENSI DASAR
Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat


INDIKATOR
Mendeklamasikan/ membacakan puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai
Menanggapi pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat

ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  berbalas pantun dengan  lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat dan mampu menanggapinya

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks  puisi lama (pantun)
Pembacaan teks pantun secara berbalasan
Penanggapan pembacaan puisi dari segi lafal, intonasi, ekspresi


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari


Tanya Jawab

V
Penugasan

V
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru masuk kelas sambil membacakan dua  bait pantun berbalasan dengan intonasi dan  ekspresi menarik.
Siswa diajak untuk mengingat kembali pelajaran dan karya-karya pantun yang sudah pernah dipelajari sebelumnya.
Guru memutarkan cuplikan film dokumenter upacara adat yang di dalamnya ada acara berbalas pantun.



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Sepasang  siswa (model) diminta ke depan kelas untuk membacakan pantun secara berbalasan dan siswa yang lain diajak untuk mencermati artikulasi, intonasi, dan ekspresinya.
Siswa diminta mengungkapkan tanggapan pendapat, masukan, komentar atas kinerja unjuk kemampuan model dan diarahkan  menyoal aspek  artikulasi, intonasi, dan ekspresinya.
Guru mengulas unsur  artikulasi, intonasi, dan ekspresi sebagai  aspek  penting yang perlu diperhatikan saat berbalas pantun.
Secara berpasangan atau berkelompok siswa diminta  menyusun 8-10 bait pantun berbalas
Dalam kelompok, siswa berlatih membacakan/mengucapkan pantun yang telah disusunnya.

Pertemuan ke-2 (90’)
Secara bergantian, kelompok demi kelompok tampil di depan kelas untuk membacakan pantun secara berbalasan
Dengan menggunakan blangko observasi penilaian yang  telah disiapkan, Guru dan siswa lain mengobservasi dan memberikan penilaian kinerja setiap kelompok
Setiap selesai penampilan satu kelompok, Guru  memberi kesempatan/menunjuk 1-2 siswa untuk mengungkapkan tanggapannya.
Guru menyampaikan ulasan umum penampilan siswa dan menyebut beberapa kelompok yang telah memperlihatkan kemampaun baik berserta  alasan-alasannya.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mengajak siswa untuk tetap memelihara dan menghargai pantun sebagai salah satu budaya warisan bangsa yang bernilai tinggi.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
84-88
Puisi Lama karya Sutan Takdir Alisyabana terbitan Dian Rakyat 11-43
Kesusasteraan Lama Indonesia karya Zuber Usman terbitan Gunung Agung halaman 144 -162
V
Material: VCD, kaset, poster
 VCD dokuementer  upacara adat yang di dalamnya ada acara berbalas pantun

V
Mediacetak dan elektronik
Kutipan teks berbalas pantun

V
Website internet


Narasumber

V
Model peraga
pembaca berbalas pantun
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menulis pantun berbalasan
Tugas kelompok   membacakan pantun secara berbalasan
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Blangko observasi penilaian kinerja siswa berbalas pantun (terlampir di bawah)

No comments: