Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP19




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  19

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII  (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif

KOMPETENSI DASAR
Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit

INDIKATOR
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks  900 – 1050 kata
Teknik membaca cepat
Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat
Rumus  menghitung   kemampuan membaca cepat


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan   kemajuan kemampuan membaca cepat para siswa, apakah semakin baik atau tetap.  Guru menyatakan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang seharusnya semakin tinggi pula  kemampuan membaca cepatnya.
Dengan mengajukan sejumlah pertanyaan, Guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca cepat.



INTI
Pertemuan ke-1  (45’)
Guru mempersiapkan  diri siswa untuk membaca cepat dan menyampaikan  tugas terkait yang harus dikerjakan.
Siswa berlatih membaca cepat teks bacaan yang  tersaji di buku teks.
Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf dengan berpedoman kata kunci yang diberikan
Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa.
Siswa melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat

Pertemuan ke-2  ( 90’)
Siswa mengerjakan  Uji Kompetensi , membaca cepat teks bacaan, mengidentifikasi ide pokok paragraf dengan bantuan kata kunci, dan menjawab pertanyaan pemahaman isi teks bacaan. Pada saat membaca cepat, Guru  berkeliling dalam kelas untuk mengonservasi cara siswa membaca.
Di bawah bimbingan Guru,  siswa saling menukarkan pekerjaannya dan saling memeriksa
Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa.
Guru mendorong siswa untuk terus berlatih membaca cepat untuk meningkatkan kemampuannya.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  90-96
Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif karangan Soedarso terbitan PT Gramedia halaman  1-49

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Artikel majalah/koran bertopik olah raga untuk dibaca cepat

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Model peraga cara  membaca cepat yang efektif
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap
V
Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca cepat dengan kecepatan 350 kpm
Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf
Daftar pertanyaan pemahaman isi teks bacaan 
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari 

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rumus penghitungan KEM (Kemampuan Efektif Membaca)


No comments: