BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 19
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif |
KOMPETENSI DASAR | Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit |
INDIKATOR | Menemukan ide pokok Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks 900 – 1050 kata Teknik membaca cepat Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat Rumus menghitung kemampuan membaca cepat |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
| Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan kemajuan kemampuan membaca cepat para siswa, apakah semakin baik atau tetap. Guru menyatakan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan seseorang seharusnya semakin tinggi pula kemampuan membaca cepatnya. Dengan mengajukan sejumlah pertanyaan, Guru mengajak siswa mengingat kembali hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membaca cepat. |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Guru mempersiapkan diri siswa untuk membaca cepat dan menyampaikan tugas terkait yang harus dikerjakan. Siswa berlatih membaca cepat teks bacaan yang tersaji di buku teks. Siswa mengidentifikasi ide-ide pokok paragraf dengan berpedoman kata kunci yang diberikan Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa. Siswa melakukan beberapa latihan untuk meningkatkan kemampuan membaca cepat | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi , membaca cepat teks bacaan, mengidentifikasi ide pokok paragraf dengan bantuan kata kunci, dan menjawab pertanyaan pemahaman isi teks bacaan. Pada saat membaca cepat, Guru berkeliling dalam kelas untuk mengonservasi cara siswa membaca. Di bawah bimbingan Guru, siswa saling menukarkan pekerjaannya dan saling memeriksa Siswa mengukur kemampuan membaca cepatnya sendiri dan Guru menanyakan hasilnya kepada setiap siswa. Guru mendorong siswa untuk terus berlatih membaca cepat untuk meningkatkan kemampuannya. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 90-96 Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif karangan Soedarso terbitan PT Gramedia halaman 1-49 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Artikel majalah/koran bertopik olah raga untuk dibaca cepat |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | Model peraga cara membaca cepat yang efektif |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
V | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membaca cepat dengan kecepatan 350 kpm Tugas untuk mengidentifikasi ide pokok paragraf Daftar pertanyaan pemahaman isi teks bacaan Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rumus penghitungan KEM (Kemampuan Efektif Membaca) |
No comments:
Post a Comment