BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 16
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami wacana sastra puisi dan cerpen |
KOMPETENSI DASAR | Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen |
INDIKATOR | Menceritakan kembali isi cerpen Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Cerpen Unsur-unsur intrinsik cerpen : tema, latar, alur, penokohan/pesan |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menceritakan beberapa mitos atau kepercayaan yang ada di masyarakat. Siswa juga diberi kesempatan bilamana ada yang akan menuturkan pengalaman serupa. Guru menyatakan bahwa ada beberapa cerita fiksi, cerpen atau novel, yang mengangkat topik tentang mitos atau kepercayaan masyarakat. |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Guru mengajukan beberapa pertanyaan untuk memancing siswa mengingat kembali unsur-unsur intrinsik pembangun cerita yang pernah dipelajari sebelumnya. Siswa membaca dengan seksama teks cerpen bertema kepercayaan yang tersaji di buku teks. Siswa menguji pemahamannya atas isi cerpen dengan melengkapi kalimat-kalimat kutipan cerpen yang dirumpangkan. Siswa menceritakan kembali isi cerpen dengan kata-kata sendiri secara lisan. | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | |
Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen. Pertanyaan yang didiskusikan sudah tersaji di buku teks. Setiap wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Sementara anggota kelompok lain didorong untuk memberikan tanggapan. Guru mengulas dan menyimpulkan hasil diskusi siswa. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 76 - 82 Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya L.T. Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 104 -158 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | teks cerpen |
| Website internet | |
V | Narasumber | siswa yang menuturkan pengalamannya |
| Model peraga | |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas melengkapi kalimat rumpang kutipan teks cerpen Tugas mendiskusikan dan mempresentasikan unsur-unsur intrinsik cerpen Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja siswa dalam diskusi kelompok. (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment