Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP31




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  31

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Kumpulan puisi kontemporer
Ciri-ciri puisi kontemporer
Tema dan maksud puisi kontemporer
Bentuk puisi kontemporer
Diksi pada puisi kontemporer

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai pengetahuannya tentang puisi kontemporer
INTI
Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
Siswa membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
Siswa  berdiskusi untuk mengidentifikasi puisi-puisi kontemporer 
Siswa  berdiskusi untuk menentukan tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Siswa  berdiskusi untuk menentukan tema dan maksud puisi kontemporer
Siswa  menjelaskan maksud, tema, dan isi puisi kontemporer
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan tema dan isi puisi kontemporer


METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
 
Material: VCD, kaset, poster

  v
Media cetak dan elektronik
Koran, majalah, TV, radio yang mempublikasikan puisi kontemporer

Website internet

  V
Narasumber
Penyair kontemporer

Model peraga

  V
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan tema puisi


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang puisi kontemporer
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
  Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
  Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,



   --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: