Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP28




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  28

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Mampu menjelaskan keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks gurindam
Kesimpulan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai kaitan isi puisi dengan realitas kehidupan sehari-hari
INTI
Siswa membaca beberapa teks gurindam
Siswa membentuk kelompok-kelompok untuk berdiskusi menentukan pesan yang terdapat dalam gurindam
Siswa berdiskusi untuk menentukan keterkaitan isi gurindam yang dibacanya dengan realitas kehidupan sehari-hari
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa diminta menjelaskan pesan lain yang bisa disampaikan melalui gurindam
Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan isi gurindam
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 143-148
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pembacaan atau pengajaran gurindam
  v
Media cetak dan elektronik
Puisi lama atau gurindam yang terdapat di majalah sastra

Website internet

 
Narasumber


Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan
  V
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan isi gurindam


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

 
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  V
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang kaitan isi puisi dengan realitas kehidupan sehari-hari
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
RUBRIK PENILAIAN PENJELASAN SECARA LISAN
KETERKAITAN GURINDAM DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI


NAMA SISWA                     :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR     : Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari


NO
KOMPONEN YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
5
01.
Penjelasan sesuai dengan objek yang dijelaskan





02.
Penjelasan sesuai dengan sasaran





03.
Penjelasan disampaikan secara runtut





04.
Penjelasan disertai alasan dan bukti konkret





05.
Penjelasan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir





06.
Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar





07.
Bersikap wajar, tidak mencemooh





08.
Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan





09.
Kalimatnya sederhana dan komunikatif





10.
Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat







JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50)






                           Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: