BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 28
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama |
KOMPETENSI DASAR | Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam Mampu menjelaskan keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks gurindam Kesimpulan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam Keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai kaitan isi puisi dengan realitas kehidupan sehari-hari |
INTI | Siswa membaca beberapa teks gurindam Siswa membentuk kelompok-kelompok untuk berdiskusi menentukan pesan yang terdapat dalam gurindam Siswa berdiskusi untuk menentukan keterkaitan isi gurindam yang dibacanya dengan realitas kehidupan sehari-hari Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | Siswa diminta menjelaskan pesan lain yang bisa disampaikan melalui gurindam Siswa diminta mengungkapkan pengalaman hidupnya yang sesuai dengan isi gurindam |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 143-148 |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan atau pengajaran gurindam | |
v | Media cetak dan elektronik | Puisi lama atau gurindam yang terdapat di majalah sastra | |
| Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan | |
V | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan isi gurindam | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | | |
V | Inquari | | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang kaitan isi puisi dengan realitas kehidupan sehari-hari Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN PENJELASAN SECARA LISAN
KETERKAITAN GURINDAM DENGAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
NO | KOMPONEN YANG DINILAI | SKOR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
01. | Penjelasan sesuai dengan objek yang dijelaskan | | | | | |
02. | Penjelasan sesuai dengan sasaran | | | | | |
03. | Penjelasan disampaikan secara runtut | | | | | |
04. | Penjelasan disertai alasan dan bukti konkret | | | | | |
05. | Penjelasan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir | | | | | |
06. | Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar | | | | | |
07. | Bersikap wajar, tidak mencemooh | | | | | |
08. | Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan | | | | | |
09. | Kalimatnya sederhana dan komunikatif | | | | | |
10. | Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat | | | | | |
| JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50) | | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment