BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 6
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi |
KOMPETENSI DASAR | Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat |
INDIKATOR | Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang sesuai Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit ( 1 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks puisi baru Lafal, intonasi ,ekspresi pembacaan puisi Cara mengomentari pembacaan puisi dari segi lafal, intonasi ,ekspresi |
METODE PEMBELAJARAN
Presentasi | ||
v | Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan siapa siswa yang pernah mengikuti lomba deklamasi/pembacaan puisi. Bilamana ada, siswa ybs diminta untuk men-sharingkan pengalamannya saat berlomba. Diarahkan dengan pertanyaan untuk mengungkapkan, aspek apa yang dinilai juri, apa komentar juri, mengapa menang/kalah Guru memutarkan VCD rekaman lomba baca puisi dan meminta siswa untuk memberikan ulasan/komentar singkat. Yang ditunjukkan adalah peserta terbaik/pemenang dan yang terburukk. |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) |
Guru menyuruh siswa yang mampu untuk membacakan sebuah puisi di depan kelas. Siswa berdiskusi menanggapi tampilan pembacaan puisi dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Guru. Guru menjelaskan lafal, intonasi, dan ekspresi sebagai 3 hal penting dalam pembacaan puisi. Siswa menyaksikan tayangan VCD pembacaan puisi yang dibawakan oleh model. Secara bergiliran setiap siswa mengemukakan tanggapan dan komentar atas tampilan pembacaan puisi tersebut. Komentar diarahkan pada unsur lafal, intonasi, dan ekspresi. Sementara itu Guru mengobservasi dan mencermati isi serta bahasa tanggapan siswa. Guru memberikan ulasan atas komentar-komentar siswa. Beberapa komentar yang bagus diberi pujian. | |
Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’) | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang pembacaan puisi yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 27 - 30 Puisi dan Metodologi Pengajarannya karya Drs BP. Situmorang terbitan Nusa Indah halaman 49 -56 |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD pembacaan puisi |
Mediacetak dan elektronik | ||
Website internet | ||
Narasumber | ||
V | Model peraga | |
Lingkungan |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | ||
V | Pengukuran Sikap | |
Penilaian diri | ||
INSTRUMEN /SOAL | Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari Tugas untuk memberikan tanggapan pembacaan puisi | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi kinerja siswa memberikan tanggapan pembacaan puisi (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment