BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 20
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks |
KOMPETENSI DASAR | Mempresentasikan program kegiatan/proposal |
INDIKATOR | Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan Mengemukakan informasi tambahan yang dapat mendukung program kegiatan/ proposal Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan |
ALOKASI WAKTU | 6 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu mempresentasikan program kegiatan/ proposal |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Program kegiatan/ proposal Hal-hal yang perlu diperhatikan saat presentasi |
METODE PEMBELAJARAN
v | Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menjajagi pengetahuan siswa tentang prosedur OSIS menyelenggaran suatu kegiatan di sekolah dan dituntun untuk sampai menyebut menyusun proposal Guru menanyakan bagaimana agar proposal mendapat persetujuan dan dukungan dari berbagai pihak Guru menyatakan bahwa kemampuan seseorang mempresentasikan proposal sangat mempengaruhi besar kecilnya dukungan |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) |
Siswa berdiskusi untuk menemukan dan merumuskan tatacara mempresentasikan suatu program. Bertolak dari masukan dan temuan siswa, guru bersama murid menetapkan tatacara, tahap-tahap, dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mempresentasikan suatu program kegiatan. Secara berkelompok, siswa menyusun proposal kegiatan olah raga di sekolah dan menyiapkan media serta sarana pendukung untuk mempresentasikannya. Di dalam kelompok masing-masing, siswa melakukan latihan atau simulasi presentasi proposal. Guru memonitor jalannya simulasi setiap kelompok dan memberikan masukan untuk perbaikan. | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan proposal yang telah disusunnya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi. Guru mengobservasi jalannya presentasi dan membuat catatan atas kinerja setiap siswa. | |
Pertemuan ke-3 (90’) | |
Melanjutkan presentasi sampai seluruh kelompok mendapat kesempatan Setelah semua kelompok tampil, Guru memberikan ulasan, catatan, dan masukan terhadap kinerja semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting yang telah dipelajari Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran guru mendorong |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 96-99 |
| Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Program kegiatan sekolah/proposal |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | Siswa peraga presentasi |
V | Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk mempresentasikan suatu program kegiatan/proposal Tugas untuk memberikan tanggapan isi presentasi Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja melakukan presentasi kegiatan (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment