BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 22
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami pembacaan teks drama |
KOMPETENSI DASAR | Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks drama Simpulan isi drama |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai cara menyimpulkan isi drama Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama |
INTI | Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi Dalam kelompoknya siswa menentukan pembaca dialog dalam naskah drama sesuai dengan tokoh drama Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan pokok-pokok isi dialog tokoh Setiap wakil kelompok secara bergantian membacakan pokok-pokok isi dialog hasil diskusi kelompoknya Anggota kelompok lain memberikan tanggapan simpulan isi teks drama |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | Siswa diminta menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang manfaat atau nilai-nilai yang bisa dipetik dari isi drama tersebut Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 109-111 |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan teks naskah drama | |
| Media cetak dan elektronik | | |
| Website internet | | |
V | Narasumber | | |
| Model peraga | Siswa yang punya pengalaman sebagai pemain drama/sinetron/film | |
V | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai | |
Metode | V | Presentasi | |
V | Diskusi Kelompok | | |
V | Inquari | | |
V | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
v | Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang cara menyimpulkan isi drama Daftar pertanyaan tentang unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN PENYIMPULAN ISI DRAMA
NAMA :
KELAS/NO. ABS :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
N0 | Aspek yang Dinilai | Amat Baik Skor = 5 | Baik Skor = 4 | Biasa Saja Skor = 3 | Jelek Skor = 2 | Amat Jelek Skor = 1 | Jumlah Skor |
01. | Ketepatan isi | | | | | | |
02. | Keruntutan urutan | | | | | | |
03. | Kejelasan kesimpulan | | | | | | |
04. | Disertai penjelasan dan alasan yang logis | | | | | | |
05. | Kelancaran penyampaian | | | | | | |
06. | Kemudahan dipahami | | | | | | |
07. | Diksi | | | | | | |
08. | Struktur kalimat | | | | | | |
| Jumlah Skor | | | | | | |
Pedoman penyekoran = Amat jelek = 1-8
Biasa saja = 17-24
Jelek = 8-16
Baik = 25-32
Amat baik = 33-40
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment