08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP22,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  22

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami pembacaan teks drama
KOMPETENSI DASAR
Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama
Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks drama
Simpulan isi drama



KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai cara menyimpulkan isi drama
Siswa ditanya mengenai unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama
INTI
Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
Dalam kelompoknya siswa menentukan pembaca dialog dalam naskah drama sesuai dengan tokoh drama
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasikan pokok-pokok isi dialog tokoh
Setiap wakil kelompok secara bergantian membacakan pokok-pokok isi dialog hasil diskusi kelompoknya
Anggota kelompok lain memberikan tanggapan simpulan isi teks drama

PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa diminta menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang manfaat atau nilai-nilai yang bisa dipetik dari isi drama tersebut
Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR



Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 109-111
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pembacaan teks naskah drama
  
Media cetak dan elektronik


Website internet

  V
Narasumber


Model peraga
Siswa yang punya pengalaman  sebagai pemain drama/sinetron/film
  V
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai 


Metode
  V
Presentasi

  V
Diskusi Kelompok

  V
Inquari

  V
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  V
Tes  Lisan
  V
Tes Tertulis 
  V
Observasi Kinerja/Demontrasi
  V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap
  v
Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang cara menyimpulkan isi drama
Daftar pertanyaan tentang unsur-unsur intrinsik yang bisa digunakan untuk mencari kesimpulan isi drama
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN PENYIMPULAN ISI DRAMA


NAMA                          :
KELAS/NO. ABS         :
TANGGAL PENILAIAN            :
KOMPETENSI DASAR             : Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama     


N0
Aspek yang Dinilai
Amat Baik
Skor = 5
Baik
Skor = 4
Biasa Saja
Skor = 3
Jelek
Skor = 2
Amat Jelek
Skor = 1
Jumlah Skor
01.
Ketepatan isi







02.
Keruntutan urutan







03.
Kejelasan kesimpulan







04.
Disertai penjelasan dan alasan yang logis






05.
Kelancaran penyampaian







06.
Kemudahan dipahami







07.
Diksi







08.
Struktur kalimat








Jumlah Skor







     
Pedoman penyekoran = Amat jelek = 1-8          
                                       Biasa saja  = 17-24       
                                 Jelek          = 8-16   
                                 Baik           = 25-32    
                                 Amat baik = 33-40 


  Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
  Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




   --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: