BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 26
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan |
KOMPETENSI DASAR | Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu mendengarkan informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi Mampu mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung Mampu mengidentifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan Mampu mengajukan saran perbaikan kepada pembicara Mampu menulis ringkasan isi informasi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Informasi secara langsung Pokok-pokok isi informasi Cara mengajukan saran Cara menulis ringkasan informasi Ringkasan isi informasi |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pemahamannya informasi dan sumber informasi Siswa ditanya tentang manfaat informasi |
INTI | Siswa mendengarkan informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung Siswa berdiskusi untuk mencari identifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan Siswa mengajukan saran perbaikan kepada pembicara Siswa menulis ringkasan informasi Siswa mempresentasikan ringkasan informasi |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan pokok-pokok informasi yang diperolehnya Siswa mengungkapkan manfaat informasi yang diperolehnya Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 132-135 Buku-buku tentang informasi dan komunikasi Buku-buku tentang pengajaran menyimak |
| Material: VCD, kaset, poster | | |
| Mediacetak dan elektronik | | |
| Website internet | | |
v | Narasumber | Guru, siswa, atau nara sumber lain sebagai penyampai informasi lisan secara langsung | |
| Model peraga | | |
v | Lingkungan | Informasi-informasi lisan secara langsung yang dapat ditemui di masyarakat | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang informasi dan sumber informasi Pertanyaan tentang manfaat informasi Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK OBSERVASI DAN PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan
secara langsung
ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
D (10) | C (15) | B (20) | A (25) | ||
ISI SARAN | Sesuai dengan topik informasi | | | | |
Kritis, menunjuk bagian yang salah | |||||
Isi saran asli dan aktual | |||||
Gagasan logis dan realistis | |||||
Didukung alasan, bukti serta referensi memadai | |||||
SISTEMATIKA SARAN | Dibuka dengan pengantar /latar belakang | | | | |
Ada pernyataan tujuan saran | |||||
Ada inti saran | |||||
Ada kesimpulan/penegasan saran | |||||
BAHASA SARAN | Kalimat efektif dan komunikatif | | | | |
Diksi tepat, variatif, baku | |||||
Struktur kalimat tepat dan baku | |||||
Artikulasi dan intonasi tepat | |||||
ETIKA PENYAMPAIAN | Menghargai pendapat orang lain | | | | |
Tidak emosional | |||||
Kata-katanya santun | |||||
Sesuai alokasi waktu | |||||
JUMLAH SKOR | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment