Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP26




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  26  

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
KOMPETENSI DASAR
Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung  
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu mendengarkan informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi
Mampu mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Mampu mengidentifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan
Mampu mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Mampu menulis ringkasan isi informasi
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Informasi secara langsung
Pokok-pokok isi informasi
Cara mengajukan saran
Cara menulis ringkasan informasi
Ringkasan isi informasi

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya pemahamannya informasi dan sumber informasi
Siswa ditanya tentang manfaat informasi
INTI
Siswa mendengarkan informasi secara langsung dengan penuh konsentrasi
Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
Siswa berdiskusi untuk mencari identifikasi kekurangan/kesalahan informasi yang disampaikan secara lisan
Siswa mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
Siswa menulis ringkasan informasi
Siswa mempresentasikan ringkasan informasi
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
Siswa merefleksikan pokok-pokok informasi yang diperolehnya
Siswa mengungkapkan manfaat informasi yang diperolehnya
Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori

METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
132-135
Buku-buku tentang informasi dan komunikasi
Buku-buku tentang pengajaran menyimak
 
Material: VCD, kaset, poster

 
Mediacetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Guru, siswa, atau nara sumber lain sebagai penyampai informasi lisan secara langsung

Model peraga

 v
Lingkungan
Informasi-informasi lisan secara langsung yang dapat ditemui di masyarakat 


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang informasi dan sumber informasi
Pertanyaan tentang manfaat informasi
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

RUBRIK OBSERVASI DAN PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI

NAMA SISWA                     :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
KOMPETENSI DASAR     : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan  
                                                  secara langsung     



ASPEK


RINCIAN
NILAI
KURANG

CUKUP
BAIK
 AMAT BAIK
D  (10)
C (15)
B (20)
A (25)



ISI SARAN
Sesuai dengan topik informasi




Kritis, menunjuk bagian yang salah
Isi saran asli dan aktual
Gagasan  logis dan realistis
Didukung  alasan, bukti serta referensi memadai


SISTEMATIKA
SARAN
Dibuka dengan  pengantar /latar belakang




Ada   pernyataan tujuan saran
Ada  inti saran  
Ada kesimpulan/penegasan saran

BAHASA SARAN
Kalimat efektif dan komunikatif




Diksi tepat, variatif, baku
Struktur kalimat  tepat dan baku
Artikulasi dan intonasi tepat

ETIKA PENYAMPAIAN
Menghargai pendapat orang lain




Tidak emosional
Kata-katanya santun
Sesuai alokasi waktu

                                            JUMLAH SKOR






                           Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: