08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP7




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  7

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami informasi dari berbagai laporan

KOMPETENSI DASAR
Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran

INDIKATOR
Mengemukakan kritik  isi laporan
Memberikan saran untuk  perbaikan laporan

ALOKASI WAKTU
2 x  45 menit ( 1 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu mendengarkan laporan dan mampu memberikan kritik serta saran

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Laporan
Laporan kegiatan OSIS
Laporan kegiatan ekstrakurikuler


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa siapa yang aktif menjadi pengurus OSIS. Kepada pengurus OSIS yang ada, guru menanyakan apakah selalu melaporkan  program kegiatan-kegiatan yang telah  dilakukan.
Guru mengajak siswa, baik sebagai warga sekolah atau pun masyarakat, untuk senantiasai bersikap kritis  terhadap laporan-laporan kegiatan OSIS, RT, organisasi masyarakat, pemerintah, dsb.



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) / (45’)
Siswa menyimak dengan seksama rekaman   pidato presiden yang berisi laporan pertanggung jawaban kegiatan.
Siswa mengerjakan Geladi Diri, mengidentifikasi pernyataan yang sesuai dan tidak sesuai dengan isi laporan.
Siswa berdiskusi kelompok untuk menanggapi (memberikan kritikan dan usulan) atas isi laporan.
Secara bergantian, siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan Guru memberikan ulasan
Siswa mengerjakan Uji Kompetensi Diri, memberikan tanggapan (kritikan dan saran) atas beberapa permasalahan dalam laporan yang telah diidentifikasi.
Guru memberikan  ulasan atas  tanggapan  siswa. Menunjukkan tanggapan yang sudah baik dan menjelaskan alasannya.

Pertemuan ke-2 (45’)/ ( 90’)

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Guru  menyampaikan tugas mandiri kepada siswa untuk mengikuti rapat laporan pertanggungjawaban  kegiatan OSIS.
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  32-37
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 283-313
V
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pidato laporan  pertanggungjawaban presiden atau kegiatan OSIS


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL


Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
Tugas untuk memberikan tanggapan (kritik dan saran) atas laporan lisan yang didengar
Tugas untuk mengikuti  rapat laporan pertanggungjawaban suatu kegiatan (kegiatan OSIS, RT, ormas, pemerintah) dan memberikan tanggapannya

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi kinerja memberikan tanggapan laporan lisan (terlampir di bawah)

No comments: