BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 11
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi |
KOMPETENSI DASAR | Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir |
INDIKATOR | Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar) Melengkapi laporan dengan lampiran |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh laporan diskusi Unsur-unsur laporan diskusi |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menanyakan kepada siswa komponen-komponen yang harus ada dalam diskusi dan diarahkan untuk menyebutkan notulis. Guru menanyakan tugas notulis dan manfaat notulen dalam sebuah diskusi atau rapat. Guru menyampaikan manfaat penting notulen dan daftar hadir dalam sebuah diskusi atau rapat pada umumnya. |
INTI | Pertemuan ke- 1 (45’) |
Siswa mencermati contoh notulen sebuah seminar yang tersaji dalam buku teks dan dengan berdiskusi kecil mengidentifikasi unsur-unsurnya. Di bawah bimbingan Guru, Siswa merumuskan struktur dan unsur-unsur pokok notulen berdasarkan hasil identifikasinya. | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Siswa melakukan simulasi seminar atau diskusi panel. (alternatif lain, siswa diajak mengikuti sebuah seminar atau rapat yang diselenggaran sekolah) Para siswa yang bukan peraga simulasi berperan sebagai notulis dan membuat notulen atas jalannya seminar yang disimulasikan. Guru memberikan ulasan atau komentar atas beberapa otulen yang telah dibuat dengan sangat baik dan memberi masukan pada notulen yang belum dibuat dengan baik. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang notulen yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran Guru menegaskan sekali lagi arti penting notulen dan daftar hadir. |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman |
V | Material: VCD, kaset, poster | VCD rekaman jalannya sebuah seminar/rapat |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
V | Narasumber | |
V | Model peraga | contoh sebuah notulen |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas kepada siswa untuk membuat sebuah notulen Tugas kepada siswa untuk mengikuti sebuah seminar/diskusi baik secara simulasi, rekaman, langsung. Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik Penilaian notulen rapat/diskusi/seminar. (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment