08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP11,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  11

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

KOMPETENSI DASAR
Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

INDIKATOR
Mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi
Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
Melengkapi laporan dengan lampiran

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh laporan diskusi
Unsur-unsur laporan diskusi


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menanyakan kepada siswa komponen-komponen yang harus ada dalam diskusi dan diarahkan untuk menyebutkan notulis. Guru menanyakan tugas notulis dan manfaat notulen dalam sebuah diskusi atau rapat.
Guru  menyampaikan manfaat penting notulen dan daftar hadir dalam sebuah diskusi atau rapat pada umumnya.



INTI
Pertemuan ke- 1  (45’)
Siswa mencermati  contoh notulen sebuah seminar yang tersaji dalam buku teks dan  dengan berdiskusi kecil mengidentifikasi unsur-unsurnya.
Di bawah bimbingan Guru, Siswa merumuskan struktur dan unsur-unsur pokok  notulen berdasarkan hasil identifikasinya.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Siswa melakukan simulasi seminar atau diskusi  panel.  (alternatif lain, siswa diajak mengikuti sebuah seminar atau rapat yang diselenggaran sekolah)
Para siswa yang bukan peraga simulasi   berperan sebagai notulis dan  membuat notulen atas jalannya seminar yang disimulasikan.
Guru memberikan ulasan atau komentar atas beberapa otulen yang telah dibuat dengan sangat baik dan memberi masukan pada notulen yang belum dibuat dengan baik.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang notulen  yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menegaskan sekali lagi arti penting notulen dan daftar hadir.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman

V
Material: VCD, kaset, poster

VCD rekaman jalannya sebuah seminar/rapat

Mediacetak dan elektronik


Website internet

V
Narasumber

V
Model peraga
contoh sebuah notulen

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis  
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas kepada siswa untuk membuat sebuah notulen
Tugas kepada siswa untuk  mengikuti sebuah seminar/diskusi baik secara simulasi, rekaman, langsung.
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian notulen rapat/diskusi/seminar. (terlampir di bawah)

No comments: