Google Web Search Gadget

Facebook Share

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP10,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  10

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
  
KOMPETENSI DASAR
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi

INDIKATOR
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Buku nonfiksi
intisari buku
penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
hal-hal yang menarik dalam buku
memberikan komentar



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menyebut/menunjukkan  beberapa judul buku best selle, misalnya Da Vinci Code dan menanyakan siapa siswa yang sudah membacanya. Siswa yang pernah membacanya diminta untuk menyampaikan intisarinya secara singkat .
Guru menyampaikan  manfaat  penting membaca buku bagi kehidupan 



INTI
Pertemuan ke-1   (45’)
Guru menjelaskan cara efektif membaca  dan  membuat ringkasan buku
Guru menugasi siswa untuk membentuk kelompok, menentukan sebuah judul buku nonfiksi, membacanya secara berkelompok dan menuliskan ringkasannya.
Siswa  melakukan Geladi Diri, membuat ringkasan penggalan buku nonfiksi yang disajikan dalam buku teks.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Siswa bergabung kembali dalam kelompok dengan membawa hasil ringkasan/intisari buku yang telah dibacanya.
Dalam kelompok siswa berdiskusi untuk menyampaikan intisari buku dan memberikan ulasan/komentar.
Guru memantau  dan  dengan menggunakan blangko penilaian mengobservasi  kinerja individu dalam kelompok. Observasi difokuskan pada isi ringkasan, isi ulasan, dan efektivitas bahasa yang dipergunakan.
Setiap kelompok menyampaikan notulen diskusi kepada Guru.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mendorong siswa untuk terus menumbuhkan  budaya membaca dan membentuk klub-klub membaca.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 46 - 49
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 261 -269

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
buku best seller, atau artikel koran yang membicarakan buku best seller
V
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca dan meringkas buku nonfiksi
Tugas untuk  mendiskusikan isi buku nonfiksi yang dibacanya.
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Blangko observasi kinerja siswa dalam diskusi  buku  (terlampir di bawah)


No comments:

Finance Tip of the Day

Online shop