BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 14
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi |
KOMPETENSI DASAR | Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku |
INDIKATOR | Mencatat identitas buku Mendaftar pokok-pokok isi Mencatat keunggulan dari isi buku Mencatat kekurangan dari isi buku Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi Mendiskusikan resensi yang telah dibuat |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Contoh resensi buku pengetahuan unsur-unsur resensi antara lain: identitas buku, isi yang penting/menarik, bahasa pengarang, keunggulan, kelemahan, kesimpulan |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
v | Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
| Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menunjukkan sebuah buku terbitan baru dan menanyakan siswa apakah ada yang sudah membacanya. Bila ingin membeli/membacanya, Guru menyarankan untuk membaca resensinya. Guru menunjukkan resensi buku yang dibicararakan tersebut yang terdapat di koran / majalah dan membacakannya. |
INTI | Pertemuan ke-1 (45’) |
Guru menjelaskan definisi dan fungsi resensi buku. Siswa mencermati contoh resensi buku yang tersaji di buku teks. Berdasarkan sajian contoh tersebut, siswa mengidentifikasi sistematika/struktur isi resensi buku dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang diajukan Guru Siswa diajak ke perpustakaan untuk memilih dan menetapkan buku yang akan diresensi. Atau siswa menyiapkan buku yang sudah dibawanya dari rumah. Siswa mengidentifikasi garis besar isi, kelebihan/kekurangan, dan manfaat buku yang diresensinya. | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Guru menjelaskan tahap-tahap dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis resensi. Siswa menginventaris dan menyiapkan bahan-bahan yang akan ditulis dalam resensi buku. Siswa menulis sebuah resensi buku. Siswa mengedit resensi buku yang telah ditulisnya dan mengumpulkan kepada Guru untuk diperiksa. Guru menunjukkan kepada kelas beberapa resensi buku yang sudah diketahui bagus dengan memberikan penjelasan/ ulasan. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang penulisan resensi buku yang telah dipelajarinya Guru memacu siswa untuk terus berlatih menulis resensi buku dan mendorong mengirimkannya ke media massa bilamana sudah merasa karangannya sudah cukup bagus Siswa diajak merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 274 -280 Jurnalistik untuk Remaja karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52 |
V | Material: VCD, kaset, poster | |
V | Mediacetak dan elektronik | Contoh resensi buku di koran atau majalah |
V | Website internet | |
| Narasumber | |
| Model peraga | |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
V | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
V | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk meresensi buku Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Rubrik penilaian tulisan resensi buku (terlampir di bawah) |
No comments:
Post a Comment