BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 27
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama |
KOMPETENSI DASAR | Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu membaca gurindam Mampu mengidentifikasi ciri-ciri gurindam Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam Mampu menemukan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam Mampu menanggapi secara lisan pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks gurindam Teknik pembacaan gurindam Ciri-ciri gurindam Nilai-nilai yang ada dalam (budaya, agama, estetika, moral) Pesan-pesan yang disampaikan melalui gurindam Teknik menanggapi secara lisan pembacaan gurindam |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian gurindam |
INTI | Guru membacakan atau memperdengarkan pembacaan gurindam Siswa membaca beberapa teks gurindam secara bergantian Siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri gurindam Siswa berdiskusi untuk menentukan nilai-nilai dalam gurindam yang dibacanya Siswa berdiskusi untuk menentukan pesan-pesan dalam gurindam yang dibacanya Siswa meyampaikan secara lisan tanggapan terhadap pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan nilai-nilai dalam gurindam Siswa merefleksikan pesan-pesan dalam gurindam Siswa mengerjakan uji kompetensi Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 136-142 Buku-buku tentang kaya sastra Melayu lama |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan gurindam | |
v | Media cetak dan elektronik | Majalah sastra yang memuat puisi lama (gurindam) | |
| Website internet | | |
| Narasumber | | |
| Model peraga | | |
v | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan materi | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang jenis-jenis puisi lama dan gurindam Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang gurindam Daftar perintah untuk diskusi, presentasi, dan pengukuran sikap Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
MENANGGAPI SECARA LISAN PEMBACAAN GURINDAM
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR : Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
NO | KOMPONEN YANG DINILAI | SKOR | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
01. | Tanggapan sesuai dengan objek yang ditanggapi | | | | | |
02. | Isi tanggapan khusus terhadap ciri dan nilai gurindam | | | | | |
03. | Tanggapan disampaikan secara runtut | | | | | |
04. | Tanggapan disertai penjelasan dan alasan yang logis | | | | | |
05. | Tanggapan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir | | | | | |
06. | Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar | | | | | |
07. | Bersikap wajar, tidak mencemooh | | | | | |
08. | Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan | | | | | |
09. | Kalimatnya sederhana dan komunikatif | | | | | |
10. | Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat | | | | | |
| JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50) | | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment