08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP9,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  9

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca 
STANDAR KOMPETENSI
Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen

KOMPETENSI DASAR
Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai

INDIKATOR
Menandai jeda puisi karya sendiri
Membacakan puisi karya sendiri dengan memperhatikan :
lafal dan intonasi, penghayatan, mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai
Menentukan makna puisi karya teman
Mengomentari puisi karya teman

ALOKASI WAKTU
4 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Puisi karya sendiri  bertema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat)
Tahap-tahap pembacaan puisi (tahapan ke dalam dan keluar)
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan, gerak-gerik, ekspresi
makna puisi



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru memutarkan cuplikan video rekaman jalannya suatu lomba baca puisi  (minimal ditayangkan 2 peserta yang baik dan tidak baik).  Siswa diminta untuk mencermati dan  menentukan pembaca puisi yang baik dengan memberikan alasan
Guru meminta salah seorang siswa yang pernah menjuarai baca puisi (jika ada di kelas) untuk membagi ilmu / kiat-kiatnya dalam membaca puisi.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Guru meminta siswa  menyiapkan puisi karya sendiri yang telah dibuat di rumah. (sebelumnya siswa sudah ditugasi untuk menulis puisi bertema bebas  dan memenuhi syarat untuk dibacakan)
Guru  meminta siswa  model (permah memenangi lomba) untuk membacakan puisi karyanya sendiri di depan kelas dan meminta   kelas untuk memberikan   komentar.
Guru menjelaskan tahap-tahap dan hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembacaan puisi
Siswa diminta untuk memberikan tanda-tanda jeda, pungtuasi, serta intonasi pada puisi yang akan dibacakannya.
Di dalam kelompok, siswa berlatih membacakan puisi dan saling memberikan masukan.

Pertemuan ke-2 ( 90)
Guru membagikan blangko observasi penilaian kepada  kelas dan memintanya untuk ikut memberikan penilaian atas penampilan pembacaan puisi setiap siswa
Secara bergantian berdasarkan nomor pengundian siswa membacakan puisi karya sendiri di depan kelas.  Setiap  satu siswa selesai tampil, salah seorang siswa yang lain (misal yang bernomor absen di atasnya) diminta untuk memberikan komentar/ulasan.
Setelah semuanya selesai, guru memberikan ulasan atas penampilan-penampilan siswa. Bisa disebutkan siswa yang penampilannya bagus dan alasannya.


PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang  pembacaan puisi  yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru memotivasi siswa untuk terus berlatih menulis puisi dan membacakannya bilamana ada kesemapatan.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 42-44
Puisi dan Metodologi Pengajarannya karya BP Situmorang terbitan Nusa Indah halaman 49 -56

V
Material: VCD, kaset, poster
 VCD rekaman lomba baca puisi

V
Mediacetak dan elektronik


Website internet

V
Narasumber
siswa yang pernah memenangi lomba baca puisi
V
Model peraga
siswa yang pernah memenangi lomba baca puisi

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membacakan puisi karya sendiri di depan kelas
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
 Blangko observasi penilaian kinerja baca puisi ( terlampir di bawah)

No comments: