Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP15




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  15

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII  (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
    Memahami pembacaan novel 

KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel  

INDIKATOR
Menjelaskan unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel  


MATERI POKOK PEMBELAJARAN

Pembacaan penggalan novel
Unsur-unsur  intrinsik novel

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa diajak untuk mengingat kembali cerita penggalan novel yang telah dibacanya pada pertemuan sebelumnya. Guru membantu mengingatnya dengan melontarkan beberapa pertanyaan.
Guru menyatakan bahwa dalam cerita novel tersebut terdapat unsur-unsur cerita yang menarik untuk dibahas



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Guru  meminta siswa menyebutkan dan menjelaskan unsur-unsur intrinsik yang membangun cerita novel
Guru menjelaskan secara lebih mendetail beberapa unsur intrinsik yaitu karakter tokoh dan latar cerita yang akan menjadi fokus pembahasan
Seorang siswa yang ditunjuk Guru membacakan sebuah penggalan novel  sementara siswa yang lain menyimaknya.
Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi dan menjelaskan unsur-unsur intrinsik novel yang telah didengarkannya.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Secara bergantian, setiap kelompok ke depan kelas mempresentasikan hasil diskusinya. Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan.
Guru memberikan ulasan dan tanggapan atas setiap hasil presentasi kelompok.
Guru menyimpulkan unsur-unsur intrinsik novel  yang dibahas.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang unsur-unsur intrinsik novel yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 72- 74
Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya L.T. Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 104  -158


Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
teks penggalan novel

Website internet


Narasumber

V
Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik penggalan novel  melalui berdiskusi
Tugas   mempresentasikan  hasil diskusi kelompok
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


No comments: