Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP21




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  21

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami pembacaan teks drama

KOMPETENSI DASAR
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    

INDIKATOR
Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan    

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks drama baca
Pembacaan teks drama dengan intonasi dan ekspresi sesuai karakter
Unsur-unsur intrinsik  : tema, penokohan, latar, alur, amanat



METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru memutar rekaman cuplikan  sinetron remaja yang sedang populer.
Guru   menanyakan siapa saja siswa  yang mengikuti cerita sinetron tersebut. Kepada siswa yang menonton, guru mengajukan sejumlah pertanyaan seputar isi ceritanya: siapa tokoh utama, karakternya, tema, amanat, latar cerita, dsb.
Guru menyatakan bahwa dalam cerita sinetron, film, drama, dan cerita fiksi lain selalu memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik.



INTI
Pertemuan ke-1   (45’)
Guru menyiapkan konsentrasi siswa untuk mendengarkan pembacaan drama dan difokuskan pada  unsur intrinsik  yang akan dibahas
Siswa menyimak pembacaan teks drama yang dilakukan oleh beberapa siswa yang ditunjuk Guru.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi cerita drama yang disampaikan secara lisan oleh Guru.
Siswa saling menukarkan pekerjaan /jawabannya untuk diperiksa secara silang di bawah bimbingan Guru

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Guru mengulas lebih mendalam dua unsur intrinsik, yaitu alur dan konflik.
Siswa berdiskusi kelompok untuk  mengungkap alur dan jenis konflik yang ada dalam drama yang didengarkan.
Guru mengamati kinerja siswa dalam mengikuti diskusi kelompok dan membuat catatan penilaian
Secara bergiliran, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan  hasil diskusinya. Kelompok lain diwajibkan untuk memberikan tanggapan kritis atas isi presentasi.
Guru memberikan ulasan dan komentar   terhadap  hasil presentasi  semua kelompok. Guru juga mengomentari kinerja individu dalam memberikan tanggapan. Ditunjukkan tanggapan yang bagus berikut alasannya.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa diajak   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menyampaikan tugas mandiri untuk menyaksikan suatu cerita sintron/drama di radio atau televisi  dan mengungkap unsur-unsur intrinsiknya.
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman  99 – 107
Pengantar Bermain Drama karya Adjib Hamzah  terbitan CV Rosda
Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi karya LT Tjahjono terbitan Nusa Indah halaman 186 – 198
V
Material: VCD, kaset, poster
 VCD cuplikan  drama/sinetron tv yang sedang digemari

V
Mediacetak dan elektronik
 teks drama

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Siswa peraga pembaca teks drama

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk mendengarkan pembacaan teks drama
Tugas untuk menganalisis dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerita drama 
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI



No comments: