BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 32
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks |
KOMPETENSI DASAR | Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menjelaskan macam-macam metode berpidato Mampu menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu Mampu membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat Mampu mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman Mampu memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Pengertian dan macam-macam metode berpidato Ide pidato dengan tema-tema tertentu Cara menyiapkan pidato tanpa teks Cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat Cara mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman Cara memperbaiki kekurangan pidato teman |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato Siswa diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering menampilkan kegiatan berpidato |
INTI | Siswa mendiskusikan pengertian pidato Siswa mendiskusikan macam-macam metode berpidato Siswa berdiskusi untuk menentukan tema pidato Siswa menyiapkan pidato tanpa naskah Siswa melaksanakan kegiatan berpidato Siswa mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain Siswa mengajukan usulan perbaikan pidato Siswa memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman |
PENUTUP (Internalisasi & persepsi) | Siswa merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya Siswa mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 164-169 Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman/audio visual pidato atau pembelajaran berpidato | |
| Media cetak dan elektronik | | |
| Website internet | | |
v | Narasumber | Orator | |
V | Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalaman banyak berpidato | |
v | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang banyak menampilkan kegiatan berpidato | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v | Tes Tertulis | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v | Pengukuran Sikap | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
| Penilaian diri | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
INSTRUMEN /SOAL | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO NAMA : KELAS/NO. ABS : TANGGAL PENILAIAN : KOMPETENSI DASAR : Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment