08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP3




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  32  

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato tanpa teks
KOMPETENSI DASAR
Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menjelaskan macam-macam metode berpidato
Mampu menyiapkan pidato tanpa teks dengan tema tertentu
Mampu membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Mampu mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
Mampu memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
 
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Pengertian dan macam-macam metode berpidato
Ide pidato dengan tema-tema tertentu
Cara menyiapkan pidato tanpa teks
Cara berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
Cara mencatat kekurangan pidato yang disampaikan teman
Cara memperbaiki kekurangan pidato teman

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya pemahamannya tentang manfaat berpidato
Siswa diajak untuk mengemukakan pendapatnya tentang forum-forum yang sering menampilkan kegiatan berpidato
INTI
Siswa mendiskusikan pengertian pidato
Siswa mendiskusikan macam-macam metode berpidato
Siswa berdiskusi untuk menentukan tema pidato
Siswa menyiapkan pidato tanpa naskah
Siswa melaksanakan kegiatan berpidato
Siswa mencatat kekurangan pidato yang dilakukan oleh siswa lain
Siswa mengajukan usulan perbaikan pidato
Siswa memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

Siswa merefleksikan kesalahan berpidato pada umumnya
Siswa mengungkapkan pengalamannya ketika berpidato
Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
164-169
Maidar G. Arsjad, Mukti U.S. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman/audio visual pidato atau pembelajaran berpidato
 
Media cetak dan elektronik


Website internet

 v
Narasumber
Orator
 V
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman banyak berpidato
 v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang banyak menampilkan kegiatan berpidato


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang manfaat berpidato
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan demonstrasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
RUBRIK PENILAIAN BERPIDATO
NAMA                                      :
KELAS/NO. ABS                     :
TANGGAL PENILAIAN                        :
KOMPETENSI DASAR             : Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada,
                                                      dan sikap yang tepat

No.
Aspek yang Dinilai

Tingkatan Skala
01.
Keakuratan informasi (amat tidak akurat – amat akurat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

02.
Hubungan antar-informasi (amat sedikit – amat banyak)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

03.
Ketepatan struktur dan kosa kata
(amat tidak tepat – amat tepat)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

04.
Kelancaran berpidato (terbata-bata – amat ancer)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

05.
Kewajaran urutan wacana (tak normal – normal)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

06.
Gaya pengucapan (amat kaku – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

07.
Lafal (amat tidak jelas – amat jelas
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

08.
Intonasi dan nada (amat jelek – amat baik)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10


09.
Nada (amat monoton – amat variatif)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10

10.
Sikap (amat tidak wajar – amat wajar)
       0  1  2  3   4  5  6  7  8  9  10



Jumlah skor : ……….


 Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
 Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




   --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: