Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya
dan Karakter Bangsa
SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Tabel 1. Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa
NILAI | DESKRIPSI |
1. Religius | Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. |
2. Jujur | Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
3. Toleransi | Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya. |
4. Disiplin | Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan. |
5. Kerja Keras | Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya. |
6. Kreatif | Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. |
7. Mandiri | Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. |
8. Demokratis | Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
9. Rasa Ingin Tahu | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. |
10. Semangat Kebangsaan | Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. |
11. Cinta Tanah Air | Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. |
12. Menghargai Prestasi | Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. |
13. Bersahabat/ Komuniktif | Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
14. Cinta Damai | Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
15. Gemar Membaca | Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya. |
16. Peduli Lingkungan | Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. |
17. Peduli Sosial | Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. |
18. Tanggung-jawab | Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. |
1. SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Mata Pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Nilai | Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas |
10 - 12 | ||||
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) | Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara | Rasa kebangsaan | Mengungkapkan perasaan terbaiknya yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tebentuk karena ada persamaan sejarah, kepentingan dan tujun antara suku-suku bangsa menjadi sebuah bangsa untuk membentuk sebuah Negara. |
Rasa ingin tahu | Menunjukkan pengkajian yang serius terhadap bentuk pemerintahan Indonesia yang memilih republic dan bukannya kerajaan. | |||
Semangat kebangsaan | Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa | |||
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI | Semangat kebangsaan | Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa Memilih untuk membela Negara jika dihadapkan pada situsi yang menempatkan Negara dalam bahaya. | ||
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional | Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional | Disiplin | Memecahkan persoalan kelas/sekolah yang didasari oleh aturan dan tata tertib sekolah. | |
Menganalisis lembaga-lembaga peradilan | Rasa ingin tahun | Melakukan pengkajian dan pengumpulan informasi serta laporan singkat tentang kegiatan lembga –lembaga peradilan di Indonesia | ||
Partisipasi | Menggiatkan simulasi pelaksanaan pengadilan di sekolah | |||
MATEMATIKA | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma | Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma. | Teliti | Bekerja secara teratur, rinci dan tertib dalam menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma |
Pantang Menyerah | Terus mencoba menerapkan aturan pangkat, akar, dan logaritma | |||
2 Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma. | Teliti | Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma. | ||
Pantang Menyerah | Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma. | |||
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat | Memahami konsep fungsi | Teliti | Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep fungsi | |
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat | Teliti | Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. | ||
Tekun | Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat. | |||
Jujur | Terus berupaya menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat secara benar | |||
KIMIA | Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia | Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron | Kritis | Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan dalam system periodik unsur |
Rasa ingin tahu | Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur di alam | |||
Religius | Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan penciptanya | |||
Disiplin | Menunjukkan kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan alam | |||
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia | Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk | Kritis | Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan kovalen, ion, koordinasi | |
Komunikatif | Menggunakan bahasa yang komunikatif dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan | |||
Menghargai | Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan pendapat | |||
Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) | Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya | Rasa ingin tahu | Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama senyawa kimia | |
Senang membaca | Mencari sumber informasi/bacaan lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa kimia | |||
Jujur | Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan | |||
Menghargai | Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan mengomentarinya dengan santun | |||
FISIKA | Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya | Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu) | Senang membaca. | Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami makna standar , bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli. |
Jujur | Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang, massa dan waktu | |||
Melakukan eksperimen secara benar, cermat , teliti, taaat azaz, hati-hati, menjaga keslaamatan kerja. | ||||
Melakukan penjumlahan vektor | Jujur | Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar | ||
Rasa ingin tahu | Mengamati fenomena untuk mengetahui konsep penjumlahan besaran vektor. | |||
Kerja keras. | Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya | |||
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik | Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan | Rasa ingin tahu | Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli. | |
Peduli lingkungan | Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azaz, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja. | |||
Toleran, | Bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab dalam kelompok | |||
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan | Jujur | Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang benar. | ||
Kerja keras | Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya | |||
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik | Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan | Rasa ingin tahu | Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum I, II dan III Newton | |
Senang membaca. | Mencari informasi lebih dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli. | |||
Kreatif | Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton | |||
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik | Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif | Rasa ingin tahu | Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia. | |
Jujur | Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja | |||
Kreatif | Membuat teropong, teleskope, kamera pinholl | |||
Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari | Disiplin. | Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja | ||
Kreatif | Menampilkan hasil karya dalam kegiatan pameran | |||
BIOLOGI | Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu | Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | Ingin tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang ruang lingkup Biologi |
Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | |||
Senang membaca | Melaporkan hasil kajian buku teks dan pustaka lainnya secara antusias dalam mengidentifikasi ruang lingkup Biologi | |||
Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma) | Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan | ||
Ingin tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang tahapan perkembangan manusia | |||
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup | Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan | Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan | |
Ingin tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan | |||
Peduli lingkungan | Mengemukakan pendapat/ saran positif tentang upaya menghindari penyebaran virus flu di dalam kelas | |||
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan | Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan | ||
| Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah | Kerja keras | Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta hasil pengamatan dengan sumber acuan/pustaka untuk menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah | |
Membuat produk daur ulang limbah | Kreatif | Membuat produk baru dari daur ulang limbah yang bermanfaat, menarik dan bernilai ekonomi | ||
Jujur | Tidak meniru/ menyontek desain produk daur ulang limbah teman yang lain | |||
Mandiri | Menyelesaikan masalah sendiri yang berkaitan dengan pembuatan produk daur ulang limbah | |||
Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan | Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan | Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan | |
Ingin tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku) tentang komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan | |||
| Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan | Ingin tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang organela sel tumbuhan dan hewan | |
Kerja keras | Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan yang relevan untuk mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan | |||
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis) | Ingin Tahu | Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan) tentang perbedaan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, | ||
Kerja keras | Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta dengan sumber acuan/pustaka untuk mengidentifikasi mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis) | |||
BAHASA INGGRIS | Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari | Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji | Rasa ingin tahu | Merespon isi percakapan dua orang peserta didik yang melibatkan tindak/ujaran menerima/ |
Persahabatan | Mendengarkan percakapan antara dua orang yang saling berkenalan agar peserta didik mepraktekkan persahabatan dan kepedulian sosial | |||
| Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi | Persahabatan | Mendengarkan percakapan dua orang yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, dan peduli sosial | |
Peduli sosial | Merespon isi percakapan yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, peduli sosial, rasa ingin tahu | |||
| Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure | Peduli lingkungan Jujur | Mendengarkan monolog lisan tentang peristiwa alam agar peserta didik dapat menujukkan peduli lingkungan dan rasa ingin tahu | |
| | Merespon ceritera tentang tokoh yang menggambarkan kejujuran , kerja keras, disiplin agar peserta didik dapat menunjukkan nilai kejujuran, kerja keras, dan disiplin | ||
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji | | | |
GEOGRAFI | Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya | Menyimpulkan hakekat geografi | Rasa ingin tahu | Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT) Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT) |
Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT) Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT) | ||||
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT) | ||||
Manafsirkan pola dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra | Rasa ingin tahu | Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK) | ||
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya | Menyimpulkan hakekat geografi | Rasa ingin tahu | Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT) Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT) | |
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT) | ||||
Manafsirkan pola dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra | Rasa ingin tahu | Bekerjasama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK | ||
Semangat kebangsaan | Menanyakan global warming dalam kaitannya dengan iklim di Indonesia (RIT) | |||
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya | Memprediksi perubahan dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | Jujur | Melaporkan hasil pengamatan mengenai data kerusakan pada saat terjadi bencana (JJR) | |
Rasa ingin tahu | Mencari informasi mengenai konversi lahan di lingkungan setempat dari sumber lain yang relevan (RIT) | |||
Memprediksi dinamika perubahan litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi | Rasa ingin tahu | Mencari gambar dari sumber lain yang relevan mengenai batas-batas wilayah pesisir dan pantai (RIT) | ||
Jujur | Menginventarisasi lagu-lagu nasional yang bertemakan tentang laut (SK) | |||
SEJARAH | Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang. | Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan | Semangat kebangsaan | Setia menghadiri setiap upacara bendera pada setiap hari kemerdekaaan/kebangsaan di sekolah. |
Menganalisis sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia ari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20. | Membedakan pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia. | Semangat kebangsaan | Mengemukakan pendapat/saran positif untuk menyelesaikan suatu masalah nasional (berkenaan dengan konflik sosial, ekonomi, politik) di sekolah maupun di luar sekolah | |
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia dari negara tradisional, kolonial, pergerakan kebangsaan, hingga terbentuknya negara kebangsaan sampai Proklamasi Kemerdekaan Indonesia | Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia | Cinta tanah air | Khidmat mengikuti upacara kenaikan bendera merah putih disertai lagu kebangsaan Indonesia Raya. | |
Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia | Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia | Menghargai prestasi | Mengagumi teknologi yang telah dihasilkan oleh masyarakat awal bangsa Indonesia | |
Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia | Menghargai prestasi | Mempelajari dan mengagumi berbagai peninggalan budaya & peradaban dalam perjalanan panjang sejarah Indonesia atau dunia. | ||
Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia | Menghargai prestasi | Mempelajari dan mengagumi keberanian manusia yang menjadi leluhur bangsa Indonesia untuk berlayar dengan perlengkapan yang sangat terbatas | ||
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara tradisional. | Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia. | Bersahabat/ komunikatif | Bersikap ramah dan berteman baik dengan teman-teman sekelas dari berbagai daerah tanpa membedakan etnis, agama, budaya, golongan, asal-usul sosial. | |
Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang | Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan. | Bersahabat/komunikatif | Menunjukkan sikap bersedia membantu teman-teman kelas/sekolah yang sedang menghadapi kesulitan semampunya | |
SOSIOLOGI | Memahami prilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | Bersahabat/ Komunikatif | Bergaul dengan teman-teman sekelasnyA |
Cinta Damai | menjauhi sikap bermusuhan dengan teman sekelasnya | |||
Peduli Sosial | Menunjukkan rasa simpati pada teman sekelasnya | |||
Senang Membaca | - membuat ringkasan isi buku dari hasil bacaan yang - berkaitan dengan kajian sosiologi untuk me | |||
| Rasa ingin tahu | - menanyakan sesuatu yang tidak jelas/tahu yang - berhubungan dengan kajian sosialogi | ||
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian | Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian | Semangat Kebangsaan | Bekerjasama dengan teman sekelas dan sekolahnya yang berbeda agama/suku/budaya/status sosial dalam rangka bersosialisasi untuk membentuk kepribadian bangsa | |
Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial | Kerja keras | Berani menolak ajakan yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial | ||
Disiplin | Menjaga prilaku dan perbuatan positif sesuai dengan aturan sekolah agar tidak terjerumus pada perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial | |||
Menerapkan aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat | Disiplin | Menghindari prilaku negative yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang | ||
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab | Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan | Toleransi | Menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman sekolahnya yang berasal dari struktur sosial yang berbeda | |
Bersahabat/ komunikatif | Melakukan pertemanan dengan seluruh sivitas sekolah tanpa melihat kedudukan dan jabatannya | |||
Peduli Sosial | Membantu teman-teman sekelasnya yang membutuhkan pertolongan/bantuan tanpa melihat kedudukan dan jabatannya | |||
Menganalisis factor penyebab konflik sosial dalam masyarakat | Bersahabat/ komunikatif | Menjalin persahabatan dengan teman-teman sekelas dan sekolahnya untuk menghindari konflik sosial | ||
Semangat kebangsaan | Mengemukakan pendapat/saran posiitif untuk menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di negaranya | |||
EKONOMI | Memahami permasalahan ekonomi dulu kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi | Mengidentifikasi kebutuhan manusia | Jujur | Menyebutkan dengan jujur kebutuhan hidupnya sehari-hari yang masih belum terpenuhi |
Cermat | Mengelompokkan secara mendetail kebutuhan hidup keluarganya dengan teliti | |||
Peduli Sosial | Memberikan solusi untuk penyelesaian masalah yang dihadapi masyarakat miskin. | |||
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka & kebutuhan manusia yang tidak terbatas | Kreatif | Mengungkapkan gagasan baru terhadap penanggulangi masalah ekonomi akibat kelangkaan sumber daya alam (bahan bakar). | ||
Peduli Sosial | Merancang satu kegiatan dengan memanfaatkan berbagai potensi ekonomi untuk menanggulangi masalah kebutuhan hidup masyarakatat. | |||
Memahami konsep ekonomi dlm kaitannya dg kegiatan ekonomi konsumen dan produsen | Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi | Mandiri | Mengidentifikasi sendiri berbagai perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi sehari-hari | |
Jujur | Menunjukkan hasil pengamatan apa adanya tentang perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi saat ini. | |||
Cinta Tanah Air | Mengemukakan pendapat tentang pengembangan produksi barang-barang dalam negeri di masa yang akan datang. | |||
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen | Mandiri | Menuliskan sendiri sejumlah peran konsumen dan produsen dalam membangun perekonomian masyarakat Indonesia. | ||
Rasa ingin tahu. | Menunjukkan hasil pengamatan yang mendalam tentang perilaku produsen dan dampaknya terhadap perilaku ekonomi masyarakat Indonesia. | |||
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar. | Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran | Kerja Keras | Mengumpulkan dan mempertunjukkan sebanyak-banyaknya informasi tentang faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran barang. | |
Rasa ingin tahu | Melakukan penelaahan dengan benar kaitan antara permintaan dan penawaran. | |||
Demokratis | mendapatkan kesempatan secara bergiliran persoalan yang ada dan mempengaruhi permintaan dan penawaran barang. | |||
Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya. | Teliti | Menguraikan dengan cermat, penjabaran hukum permintaan dan penawaran dalam perilaku ekonomi sehari-hari berdasarkan hasil analisis kelompok. | ||
Menghargai Prestasi | Memberi perhatian yang sungguh sungguh serta respon positif atas prestasi dan kelompok lain yang dapat menunjukkan dengan benar contoh-contoh ikaitan hukum permintaan dan penawaran. |