13 July 2011

SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA




Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya 
dan Karakter Bangsa



 SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA


Tabel 1. Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Kaarakter Bangsa
NILAI
DESKRIPSI
1. Religius
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.

2. Jujur
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi
Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/
       Komuniktif
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca
Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan
Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.



1.      SK/KD, Nilai, dan Indikator SMA
Mata
Pelajaran
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Nilai
Indikator Berdasarkan Jenjang Kelas
10 - 12
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(PKn)
Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara

Rasa kebangsaan

Mengungkapkan perasaan terbaiknya yang menyatakan bahwa bangsa Indonesia tebentuk karena ada persamaan sejarah, kepentingan dan tujun antara suku-suku bangsa menjadi sebuah bangsa untuk membentuk sebuah Negara.

Rasa ingin tahu

Menunjukkan pengkajian yang serius terhadap bentuk pemerintahan Indonesia yang memilih republic dan bukannya kerajaan.

Semangat kebangsaan

Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa
Menjelaskan pengertian, fungsi dan tujuan NKRI

Semangat kebangsaan

Memilki sikap yang jelas bahwa NKRI ada karena rasa kebangsaan dan persatuan bangsa
Memilih untuk membela Negara jika dihadapkan pada situsi yang menempatkan Negara dalam bahaya.
Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

Disiplin

Memecahkan persoalan kelas/sekolah yang didasari oleh aturan dan tata tertib sekolah.

Menganalisis lembaga-lembaga peradilan

Rasa ingin tahun

Melakukan pengkajian dan pengumpulan informasi serta laporan singkat tentang kegiatan lembga –lembaga peradilan di Indonesia

Partisipasi

Menggiatkan simulasi pelaksanaan pengadilan di sekolah
MATEMATIKA
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan  logaritma
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma.


Teliti
Bekerja secara teratur, rinci dan tertib  dalam menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Pantang  Menyerah
Terus mencoba menerapkan aturan pangkat, akar, dan logaritma
2  Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.

Teliti
Cermat dalam melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.

Pantang  Menyerah
Berusaha dengan gigih dalam mempertahankan pendapat yang berkaitan dengan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar,  dan logaritma.
Memecahkan
masalah yang
 berkaitan
dengan fungsi,
persamaan dan
fungsi kuadrat serta    pertidaksamaan kuadrat
Memahami konsep fungsi
Teliti
Rapi dalam menyajikan jawaban terhadap soal yang berkaitan dengan pemahaman konsep fungsi
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
Teliti
Selalu mengecek ulang segala pekerjaan yang telah dilakukan berkaitan dengan penggambaran grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Tekun
Tidak terpengaruh oleh keadaan lingkungan pada waktu menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat.
Jujur
Terus berupaya  menggambar grafik fungsi aljabar  sederhana dan fungsi kuadrat secara benar
KIMIA
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Memahami
struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

Kritis
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang keteraturan dalam system periodik unsur
Rasa ingin tahu
Mencari informasi lebih lanjut tentang fenomena keteraturan dalam unsur di alam
Religius
Menunjukkan kesadaran bahwa keteraturan dalam alam disebabkan oleh Tuhan penciptanya
Disiplin
Menunjukkan kesadaran bahwa disiplin merupakan satu cara untuk mempertahankan keteraturan alam
Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia
Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisika senyawa yang terbentuk
Kritis
Mengajukan pemikiran kritis dalam diskusi tentang pembentukan ikatan kovalen, ion, koordinasi
Komunikatif
Menggunakan bahasa yang komunikatif  dalam kelompok untuk mengungkapkan gagasan
Menghargai
Memberi kesempatan kepada anggota kelompok diskusi untuk mengajukan pendapat
Memahami
hukum-hukum
dasar kimia dan
penerapannya
dalam perhitungan
kimia (stoikiometri)
Mendeskripsikan
tata nama
senyawa
 anorganik
dan organik
sederhana
serta
 persamaan
 reaksinya


Rasa ingin tahu
Menunjukkan usaha yang keras untuk memperoleh informasi tentang tatanama senyawa kimia
Senang membaca
Mencari sumber informasi/bacaan  lain untuk memperoleh informasi tambahan tentang tatanama senyawa kimia
Jujur
Melaporkan hasil percobaan berdasarkan data hasil percobaan
Menghargai
Memberikan kesempatan kepada teman lain untuk mengajukan pendapat dan mengomentarinya dengan santun
FISIKA
Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya
Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Senang membaca.

Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami makna standar , bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Jujur
Melakukan eksperimen untuk pengukuran panjang,  massa dan waktu
Melakukan eksperimen secara benar, cermat , teliti, taaat azaz, hati-hati, menjaga keslaamatan kerja.
Melakukan penjumlahan vektor
Jujur
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang  benar
Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui konsep penjumlahan besaran vektor.

Kerja keras.

Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya

Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Menganalisis besaran fisika pada gerak  dengan kecepatan dan percepatan konstan
Rasa ingin tahu
Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep gerak, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Peduli lingkungan
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azaz, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja.
Toleran,
Bekerjasama dalam kelompok, bertanggung jawab dalam kelompok
Menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan laju konstan
Jujur
Melaporkan hasil eksperimen secara benar (jujur) baik lisan maupun tulisan dengan aturan ilmiah yang  benar.
Kerja keras
Bekerja secara optimal, meyelesaikan pekerjaan pada waktunya
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika benda titik

Menerapkan Hukum Newton sebagai prinsip dasar dinamika untuk gerak lurus, gerak vertikal, dan gerak melingkar beraturan

Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakukan Hukum I, II dan III Newton
Senang membaca.
Mencari informasi lebih  dari berbagai sumber (internet) untuk memahami konsep Hukum Newton, bertanya lebih dalam, bertanya pada ahli.
Kreatif

Menemukan kasus-kasus yang menarik terkait dengan penerapan hukum Newton
Menerapkan prinsip kerja alat-alat optik
Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
Rasa ingin tahu
Mengamati fenomena untuk mengetahui keberlakuan pentingya alat-alat optik bagai kebutuhan hidup manusia.

Jujur
Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif

Membuat teropong, teleskope, kamera pinholl
Menerapkan alat-alat optik dalam  kehidupan sehari-hari
Disiplin.

Melakukan eksperimen secara benar, cermat, teliti, taat azat, hati-hati, dan menjaga keselamataan kerja
Kreatif
Menampilkan hasil karya dalam kegiatan pameran
BIOLOGI
Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi

Ingin tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan)  tentang  ruang lingkup Biologi
Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Senang membaca
Melaporkan hasil kajian  buku teks dan  pustaka lainnya secara antusias dalam mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Mendeskripsikan objek dan permasalahan  biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)

Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mendeskripsikan  objek dan permasalahan  biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
Ingin tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku)  tentang tahapan perkembangan manusia
Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup

Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan

Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mendeskripsikan  ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Ingin tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku)  tentang  ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Peduli lingkungan 
Mengemukakan pendapat/ saran positif tentang upaya menghindari penyebaran virus flu di dalam kelas
Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan

Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mendeskripsikan  ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan

Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah

Kerja keras
Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta  hasil pengamatan dengan sumber  acuan/pustaka  untuk  menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
Membuat produk daur ulang limbah

Kreatif
Membuat produk baru dari  daur ulang limbah yang bermanfaat, menarik dan bernilai ekonomi
Jujur
Tidak meniru/ menyontek desain produk daur ulang limbah teman yang lain
Mandiri
Menyelesaikan masalah sendiri yang berkaitan dengan pembuatan produk daur ulang limbah
Memahami struktur
dan fungsi sel
sebagai unit terkecil kehidupan

Mendeskripsikan 
komponen
kimiawi sel, struktur
dan  fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mendeskripsikan  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
Ingin tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru dan buku)  tentang  komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan


Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan

Ingin tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan)  tentang  organela sel tumbuhan dan hewan
Kerja keras
Menunjukkan upaya mempelajari sumber-sumber acuan/bacaan  yang relevan untuk mengidentifikasi  organela sel tumbuhan dan hewan
Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)

Ingin Tahu
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber (guru, buku, dan pengamatan)  tentang  perbedaan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis,
Kerja keras
Menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dalam mengkaitkan fakta dengan sumber  acuan/pustaka  untuk mengidentifikasi  mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport aktif, endositosis, eksositosis)
BAHASA INGGRIS
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
Rasa ingin tahu
Merespon  isi percakapan dua  orang peserta didik yang melibatkan tindak/ujaran menerima/
Persahabatan
Mendengarkan percakapan antara dua orang yang saling   berkenalan agar peserta didik mepraktekkan persahabatan dan kepedulian sosial


Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
Persahabatan
Mendengarkan percakapan dua orang yang melibatkan  tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, dan peduli sosial

Peduli sosial
Merespon  isi percakapan yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, atau menerima instruksi agar peserta didik dapat mempraktekkan persahabatan, toleransi, peduli sosial, rasa ingin tahu

Merespon makna
dalam teks monolog
sederhana yang
menggunakan ragam
 bahasa lisan secara
akurat, lancar dan
 berterima dalam
berbagai konteks
kehidupan sehari-hari
dalam teks:
recount, narrative, dan
procedure
Peduli lingkungan















Jujur
Mendengarkan monolog lisan  tentang peristiwa alam agar peserta didik dapat menujukkan peduli lingkungan dan rasa ingin tahu 



Merespon ceritera tentang tokoh yang menggambarkan kejujuran , kerja keras, disiplin agar peserta didik dapat menunjukkan nilai kejujuran, kerja keras, dan disiplin
Mengungkapkan makna
 dalam percakapan
transaksional dan
interpersonal  dalam
konteks kehidupan sehari-hari
Mengungkapkan
makna dalam
percakapan transaksional
 (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
 resmi dan tak resmi
secara akurat, lancar
dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa
lisan sederhana dalam
konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur:
berkenalan, bertemu/berpisah,
menyetujui ajakan/tawaran/
 undangan, menerima janji,
 dan membatalkan janji


GEOGRAFI
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya
Menyimpulkan hakekat geografi

Rasa ingin tahu

Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT)
Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
 Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT)
Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT)
Manafsirkan pola dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra
Rasa ingin tahu
Bekerja sama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK)
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya
Menyimpulkan hakekat geografi

Rasa ingin tahu

Mencari pengertian dan ruang lingkup geografi dari sumber lain (RIT)
Menanyakan hubungan antara geografi dengan ilmu-ilmu lain (RIT)
Mengemukakan pendapat mengenai ciri-ciri wilayah tempat tinggalnya (RIT)
Manafsirkan pola dan ciri kenampakan alam dan budaya pada berbagai peta dan media citra

Rasa ingin tahu
Bekerjasama dengan teman sekelas yang berbeda desa/kelurahan untuk menggambar peta kabupaten setempat (SK
Semangat kebangsaan
Menanyakan global warming dalam kaitannya dengan iklim di Indonesia (RIT)
Menganalisis gejala alam fisik dan perkembangan bentuk muka bumi serta pelestariannya
Memprediksi perubahan dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi

Jujur

Melaporkan hasil pengamatan mengenai data kerusakan pada saat terjadi bencana (JJR)
Rasa ingin tahu
Mencari informasi mengenai konversi lahan di lingkungan setempat dari sumber lain yang relevan (RIT)
Memprediksi dinamika perubahan litosfer dan dampaknya terhadap kehidupan di muka bumi

Rasa ingin tahu
Mencari gambar dari sumber lain yang relevan mengenai batas-batas wilayah pesisir dan pantai (RIT)
Jujur
Menginventarisasi lagu-lagu nasional yang bertemakan tentang laut (SK)
SEJARAH
Menganalisis
perkembangan bangsa
Indonesia sejak
masuknya pengaruh
 Barat sampai
dengan pendudukan
Jepang.
Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan
Semangat kebangsaan
Setia menghadiri setiap upacara bendera pada setiap hari kemerdekaaan/kebangsaan di sekolah.

Menganalisis sejarah
dunia yang mempengaruhi
 sejarah Bangsa Indonesia
ari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20.
Membedakan pengaruh
Revolusi Prancis,
Revolusi Amerika,
dan Revolusi Rusia
terhadap perkembangan
pergerakan nasional Indonesia.
Semangat kebangsaan
Mengemukakan pendapat/saran positif untuk menyelesaikan  suatu masalah nasional (berkenaan dengan konflik sosial,   ekonomi, politik) di sekolah maupun di luar sekolah

Menganalisis perjalanan
bangsa Indonesia dari
 negara tradisional,
kolonial, pergerakan
kebangsaan, hingga
terbentuknya negara
kebangsaan sampai
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Menganalisis terbentuknya negara Kebangsaan Indonesia
Cinta tanah air
Khidmat mengikuti upacara kenaikan bendera merah putih disertai lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia
Menganalisis kehidupan awal masyarakat Indonesia
Menghargai prestasi
Mengagumi teknologi yang telah dihasilkan oleh masyarakat awal bangsa  Indonesia
Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia
Menghargai prestasi
Mempelajari dan mengagumi  berbagai peninggalan budaya & peradaban dalam perjalanan panjang sejarah Indonesia atau dunia.
Menganalisis asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia
Menghargai prestasi
Mempelajari dan mengagumi keberanian manusia yang menjadi leluhur bangsa Indonesia untuk berlayar dengan perlengkapan yang sangat terbatas
Menganalisis perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara-negara  tradisional.
Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia.
Bersahabat/ komunikatif
Bersikap ramah dan  berteman baik dengan teman-teman sekelas dari berbagai daerah tanpa membedakan  etnis, agama, budaya, golongan, asal-usul sosial.
Menganalisis perkembangan
bangsa Indonesia sejak
masuknya pengaruh
Barat sampai dengan pendudukan Jepang
Menganalisis hubungan
antara perkembangan
paham-paham baru
dan transformasi sosial
dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan.
Bersahabat/komunikatif
Menunjukkan sikap bersedia membantu teman-teman kelas/sekolah yang  sedang menghadapi kesulitan semampunya
SOSIOLOGI
Memahami prilaku keteraturan hidup
sesuai dengan nilai
dan norma yang
berlaku dalam
masyarakat
Menjelaskan
fungsi
sosiologi sebagai
ilmu
yang mengkaji
hubungan
masyarakat dan lingkungan


Bersahabat/ Komunikatif
Bergaul dengan teman-teman sekelasnyA

Cinta Damai
 menjauhi sikap bermusuhan dengan teman sekelasnya

Peduli Sosial 
Menunjukkan rasa simpati pada teman sekelasnya
Senang Membaca
-      membuat ringkasan isi buku dari hasil bacaan yang
-      berkaitan dengan kajian sosiologi untuk me

Rasa ingin tahu
-    menanyakan sesuatu yang tidak jelas/tahu yang
-    berhubungan dengan kajian sosialogi
Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian

Semangat Kebangsaan
Bekerjasama dengan teman sekelas dan sekolahnya yang berbeda agama/suku/budaya/status sosial dalam rangka bersosialisasi untuk membentuk kepribadian bangsa
Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

Kerja keras
Berani menolak ajakan yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
Disiplin
Menjaga prilaku dan perbuatan positif sesuai dengan aturan sekolah agar tidak terjerumus pada perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial

Menerapkan aturan sosial  dalam kehidupan bermasyarakat
Disiplin
Menghindari prilaku negative yang dapat mengarah pada prilaku menyimpang
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab
Mendeskripsikan bentuk-bentuk struktur sosial dalam fenomena kehidupan

Toleransi
Menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman sekolahnya yang berasal dari struktur sosial yang berbeda

Bersahabat/ komunikatif
Melakukan pertemanan dengan seluruh sivitas sekolah tanpa melihat kedudukan dan jabatannya
Peduli Sosial
Membantu teman-teman sekelasnya yang membutuhkan pertolongan/bantuan  tanpa melihat kedudukan dan jabatannya

Menganalisis factor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

Bersahabat/ komunikatif
Menjalin persahabatan dengan teman-teman sekelas dan sekolahnya untuk menghindari konflik sosial

Semangat kebangsaan
Mengemukakan pendapat/saran posiitif untuk menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di negaranya

EKONOMI
Memahami permasalahan ekonomi dulu kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Jujur

Menyebutkan dengan jujur kebutuhan  hidupnya  sehari-hari yang masih belum terpenuhi
Cermat

Mengelompokkan  secara mendetail kebutuhan hidup keluarganya dengan teliti
Peduli Sosial

Memberikan solusi untuk penyelesaian masalah  yang dihadapi masyarakat miskin.
Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka  & kebutuhan manusia yang tidak terbatas

Kreatif

Mengungkapkan gagasan baru terhadap penanggulangi   masalah ekonomi akibat  kelangkaan sumber daya alam (bahan bakar).
Peduli Sosial

Merancang satu kegiatan dengan memanfaatkan berbagai potensi ekonomi  untuk menanggulangi masalah kebutuhan hidup masyarakatat.
Memahami konsep ekonomi dlm kaitannya dg kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
Mandiri


Mengidentifikasi sendiri berbagai perilaku konsumen  dalam kegiatan ekonomi sehari-hari
Jujur

Menunjukkan hasil pengamatan apa adanya tentang perilaku konsumen dalam kegiatan ekonomi saat ini.
Cinta Tanah Air

Mengemukakan pendapat tentang pengembangan produksi barang-barang dalam negeri di masa yang akan datang.
Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
Mandiri

Menuliskan  sendiri sejumlah peran konsumen dan produsen dalam membangun  perekonomian masyarakat Indonesia.
Rasa ingin tahu.

Menunjukkan hasil  pengamatan yang mendalam tentang perilaku produsen dan dampaknya terhadap perilaku ekonomi masyarakat Indonesia.
Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar.

Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Kerja Keras

Mengumpulkan dan  mempertunjukkan  sebanyak-banyaknya  informasi tentang  faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran barang.
Rasa ingin tahu

Melakukan penelaahan dengan benar   kaitan antara permintaan dan penawaran.
Demokratis

mendapatkan kesempatan secara bergiliran  persoalan yang ada dan mempengaruhi permintaan dan penawaran barang.
Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi yang mendasarinya.


Teliti

Menguraikan dengan  cermat, penjabaran   hukum permintaan dan penawaran dalam perilaku ekonomi sehari-hari  berdasarkan  hasil analisis kelompok. 
Menghargai Prestasi

Memberi perhatian yang sungguh sungguh serta respon positif atas prestasi dan
kelompok lain yang dapat menunjukkan dengan benar contoh-contoh ikaitan hukum permintaan dan penawaran.




No comments: