08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP5,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  5

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
 Menulis
STANDAR KOMPETENSI
 Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi  

KOMPETENSI DASAR
 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur

INDIKATOR
Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan 
Menyusun surat lamaran  pekerjaan
Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD

ALOKASI WAKTU
 2 x  45 menit (  1  pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur yang benar

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh surat lamaran
Unsur-unsur surat lamaran pekerjaan
Struktur surat lamaran pekerjaan
Penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan
Penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menunjukkan iklan lowongan kerja di koran dan menanyakan  bagaimana caranya untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Guru menjelaskan peran penting surat lamaran kerja dalam menentukan keberhasilan seseorang  dalam  mendapatkan suatu pekerjaan.
Guru membacakan sebuah contoh surat lamaran kerja yang tidak bagus dan meminta siswa untuk memberikan kritikan.



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) / (45’)
Siswa membaca dan mencermati contoh surat lamaran kerja yang tersaji dalam buku teks.
Siswa berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi bagian dan struktur surat lamaran kerja.
Guru menjelaskan dan menyempurnakan hasil temuan siswa.
Siswa membaca sebuah iklan lowongan kerja yang tersaji di dalam buku teks dan siswa berlatih menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan tersebut.
Siswa menyusun  daftar riwayat hidup untuk melengkapi surat lamaran kerjanya.
Guru menyampaikan  tanggapan, ulasan, dan masukan atas beberapa  pekerjaan siswa yang sudah baik dan yang masih perlu banyak perbaikan.

Pertemuan ke-2 (45’)
Siswa mengerjakan Geladi Diri, menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan di surat khabar.
Siswa saling menukarkan pekerjaannya untuk  diedit secara silang. Pemeriksaan difokuskan pada struktur  isi surat, efektivitas kalimat, dan pemakaian EYD.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Guru menyampaikan tip-tip praktis untuk sukses melakukan interview   saat  melamar pekerjaan
Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting  tentang surat lamaran kerja  yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Surat Menyurat dan Komunikasi 1  terbitan Galaxy Puspa Mega halaman 134 – 140
Pedoman Menulis Surat Lamaan Kerja karya Bagas Pratama terbitan Pustaka Setia

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
 Iklan lowongan kerja

Website internet


Narasumber

V
Model peraga
contoh surat lamaran kerja

Lingkungan


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan di surat khabar
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

 Rubrik penilaian menulis surat lamaran kerja (terlampir di bawah)

No comments: