08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP13,




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  13

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
Memahami artikel dan teks pidato

KOMPETENSI DASAR
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

INDIKATOR
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting 
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
Membacakan teks pidato dengan  intonasi dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pembacaan teks pidato

ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Naskah pidato
Macam-macam metode berpidato
Cara membacakan naskah pidato
Cara menanggapi pembacaan teks pidato


METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok


Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan

v
Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menayangkan cuplikan rekaman pidato dokumentasi sekolah, misalnya pidato pada acara  perpisahan  sekolah atau pentas seni, dan mengajak siswa untuk mencermatinya.
Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan tanggapannya atas unjuk kemampuan pidato tersebut. Dengan panduan pertanyaan,  tanggapan diarahkan pada intonasi, artikulasi, dan ekspresi.
Guru menyatakan bahwa keterampilan berpidato sangat penting dan siapa pun suatu saat akan melakukannya sehingga perlu bagi siswa untuk belajar cara berpidato yang menarik.



INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Guru menjelaskan macam-macam teknik atau metode berpidato.
Guru atau  siswa (model) yang ditunjuk membacakan teks pidato yang tersaji di buku teks sementara siswa yang lain mencermatinya.
Siswa berdiskusi menjawab sejumlah pertanyaan untuk  menanggapi  kemampuan berpidato yang telah ditampilkan. Kemudian wakil kelompok  mempresentasikan tanggapannya di depan kelas.
Siswa  menyumbang pendapat untuk merumuskan hal-hal  penting yang perlu diperhatikan saat berpidato.
Siswa  menyiapkan teks pidato yang telah dibuat di rumah, menandai bagian-bagian penting yang perlu mendapat penekanan, dan berlatih membacakannya dalam kelompok.

Pertemuan ke-2  ( 90’)
Secara bergantian  berdasar  undian, semua siswa membacakan teks pidatonya di depan kelas.
Dengan menggunakan blangko observasi penilaian yang dibagikan Guru, semua siswa di kelas ikut  memberikan penilaian setiap penampil.
Guru menyampaikan ulasan, menyebutkan siswa yang sudah bagus unjuk kemampuannya  dengan menunjukkan kelebihan-kelebihannya.  Sebaliknya Guru memberikan masukan atau saran kepada siswa yang penampilannya belum bagus.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   tentang berpidato yang telah dipelajari
Siswa   merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mendorong siswa untuk terus berlatih berpidato dan menerima tawaran setiap kali diminta untuk berpidato
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
62-67
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 314-339
V
Material: VCD, kaset, poster
 kaset/cd/vcd rekaman pidato (dari dokumentasi sekolah)


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
Siswa yang mampu berpidato dengan baik

Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan

Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membacakan teks pidato
Tugas untuk menanggapi pembacaan teks pidato
Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari

RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Blangko observasi penilaian kinerja membacakan teks pidato (terlampir)

No comments: