BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 13
IDENTITAS SEKOLAH, SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU
NAMA SEKOLAH | |
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami artikel dan teks pidato |
KOMPETENSI DASAR | Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat |
INDIKATOR | Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat Menanggapi pembacaan teks pidato |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit ( 2 pertemuan) |
TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN | Siswa mampu membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Naskah pidato Macam-macam metode berpidato Cara membacakan naskah pidato Cara menanggapi pembacaan teks pidato |
METODE PEMBELAJARAN
| Presentasi | |
| Diskusi Kelompok | |
| Inquari | |
v | Tanya Jawab | |
v | Penugasan | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Guru menayangkan cuplikan rekaman pidato dokumentasi sekolah, misalnya pidato pada acara perpisahan sekolah atau pentas seni, dan mengajak siswa untuk mencermatinya. Siswa diberi kesempatan untuk mengungkapkan tanggapannya atas unjuk kemampuan pidato tersebut. Dengan panduan pertanyaan, tanggapan diarahkan pada intonasi, artikulasi, dan ekspresi. Guru menyatakan bahwa keterampilan berpidato sangat penting dan siapa pun suatu saat akan melakukannya sehingga perlu bagi siswa untuk belajar cara berpidato yang menarik. |
INTI | Pertemuan ke-1 ( 90’) |
Guru menjelaskan macam-macam teknik atau metode berpidato. Guru atau siswa (model) yang ditunjuk membacakan teks pidato yang tersaji di buku teks sementara siswa yang lain mencermatinya. Siswa berdiskusi menjawab sejumlah pertanyaan untuk menanggapi kemampuan berpidato yang telah ditampilkan. Kemudian wakil kelompok mempresentasikan tanggapannya di depan kelas. Siswa menyumbang pendapat untuk merumuskan hal-hal penting yang perlu diperhatikan saat berpidato. Siswa menyiapkan teks pidato yang telah dibuat di rumah, menandai bagian-bagian penting yang perlu mendapat penekanan, dan berlatih membacakannya dalam kelompok. | |
Pertemuan ke-2 ( 90’) | |
Secara bergantian berdasar undian, semua siswa membacakan teks pidatonya di depan kelas. Dengan menggunakan blangko observasi penilaian yang dibagikan Guru, semua siswa di kelas ikut memberikan penilaian setiap penampil. Guru menyampaikan ulasan, menyebutkan siswa yang sudah bagus unjuk kemampuannya dengan menunjukkan kelebihan-kelebihannya. Sebaliknya Guru memberikan masukan atau saran kepada siswa yang penampilannya belum bagus. | |
PENUTUP (Internalisasi dan refleksi) | Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang berpidato yang telah dipelajari Siswa merefleksikan nilai-nilai serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran Guru mendorong siswa untuk terus berlatih berpidato dan menerima tawaran setiap kali diminta untuk berpidato |
SUMBER BELAJAR
V | Pustaka rujukan | Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 62-67 Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman 314-339 |
V | Material: VCD, kaset, poster | kaset/cd/vcd rekaman pidato (dari dokumentasi sekolah) |
| Mediacetak dan elektronik | |
| Website internet | |
| Narasumber | |
V | Model peraga | Siswa yang mampu berpidato dengan baik |
| Lingkungan | Lingkungan masyarakat sekitar siswa |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | V | Tes Lisan |
| Tes Tertulis | |
V | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
V | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | Tugas untuk membacakan teks pidato Tugas untuk menanggapi pembacaan teks pidato Daftar pertanyaan Kuis uji teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari | |
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | Blangko observasi penilaian kinerja membacakan teks pidato (terlampir) |
No comments:
Post a Comment