BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 29
MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode |
KOMPETENSI DASAR | Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjelaskan sejarah perkembangan sastra Indonesia Mampu menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode Mampu mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode Mampu menemukan perbedaan karakteristik tiap periode Mampu mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Karya sastra berdasarkan periodisasi Sejarah dan perkembangan sastra Indonesia Karya-karya sastra penting setiap angkatan Karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode Perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pemahamannya tentang periodisasi sastra Siswa diajak untuk menyebutkan hasil-hasil sastra |
INTI | Siswa membaca karya sastra dari berbagai periode sastra Siswa mendiskusikan sejarah perkembangan sastra Indonesia Siswa berdiskusi untuk menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode Siswa berdiskusi untuk menentukan perbedaan karakteristik tiap periode Siswa mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) Siswa mempresentasikan hasil diskusinya |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan perkembangan sastra Indonesia Siswa mengungkapkan pengalamannya yang berkaitan dengan karya sastra Indonesia yang menonjol pada periode tertentu Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 148-152 Ajip Rosidi. 1982. Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia. Bandung : Binacipta BP Situmorang. 1980. Sejarah Sastra Indonesia. Ende : Nusa Indah |
v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman atau audio-visual tentang pengajaran karya sastra | |
v | Media cetak dan elektronik | Koran, majalah, televisi yang mempublikasikan hasil karya sastra | |
| Website internet | | |
v | Narasumber | Sastrawan | |
| Model peraga | | |
v | Lingkungan | Seminar, workshop sastra | |
Metode | v | Presentasi | |
v | Diskusi Kelompok | | |
v | Inquari | | |
v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
v | Tes Tertulis | |
| Observasi Kinerja/Demontrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
v | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian diri | |
INSTRUMEN /SOAL | ||
Daftar pertanyaan lisan tentang periodisasi sastra Pertanyaan tentang hasil-hsail sastra tiap periode Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari | ||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
|
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP :
No comments:
Post a Comment