08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP29



BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  29  

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
KOMPETENSI DASAR
  Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca
karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca

INDIKATOR
Mampu menjelaskan sejarah perkembangan sastra Indonesia
Mampu menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Mampu mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Mampu menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
Mampu mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Karya sastra berdasarkan periodisasi
Sejarah dan perkembangan sastra Indonesia
Karya-karya sastra penting setiap angkatan
Karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
Perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Siswa ditanya pemahamannya tentang periodisasi sastra
Siswa diajak untuk menyebutkan hasil-hasil sastra
INTI
Siswa membaca karya sastra dari berbagai periode sastra
Siswa mendiskusikan sejarah perkembangan sastra Indonesia
Siswa berdiskusi untuk menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
Siswa berdiskusi untuk mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
Siswa berdiskusi untuk menentukan perbedaan karakteristik  tiap periode
Siswa mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)
Siswa mempresentasikan hasil diskusinya
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
Siswa merefleksikan perkembangan sastra Indonesia
Siswa mengungkapkan pengalamannya yang berkaitan dengan karya sastra Indonesia yang menonjol pada periode tertentu
Siswa menjawab soal-soal uji kompetensi dan kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
  v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 148-152
Ajip Rosidi. 1982. Ikhtisar Sejarah Sastra Indonesia. Bandung : Binacipta
BP Situmorang. 1980. Sejarah Sastra Indonesia. Ende : Nusa Indah
  v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman atau audio-visual tentang pengajaran karya sastra
  v
Media cetak dan elektronik
Koran, majalah, televisi yang mempublikasikan hasil karya sastra

Website internet

 v
Narasumber
Sastrawan

Model peraga

 v
Lingkungan
Seminar, workshop sastra


Metode
 v
Presentasi

 v
Diskusi Kelompok

 v
Inquari

 v
Demontrasi /Pemeragaan Model


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
 
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan lisan tentang periodisasi sastra
Pertanyaan tentang hasil-hsail sastra tiap periode
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI





                           Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                 

No comments: