SEJARAH VIII RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.2. Menguraikan Proses Terbentuknya Kesadaran Nasional,
Identitas Indonesia, dan Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi peranan kaum terpelajar dan kaum
profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran
nasional Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi peranan kaum terpelajar dan kaum profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Peranan kaum terpelajar dan kaum profesional
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Sebutkan latar belakang munculnya kaum terpelajar dan kaum profesional?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara klasikal mengenai peranan kaum terpelajar dan kaum profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia.
· Tanya jawab mengenai peranan kaum terpelajar dan kaum profesional dalam menumbuhkembangkan kesadaran nasional Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 62).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 53 - 64)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 62).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. c
2. a
3. d
4. c
5. b
B.
1. Belanda
2. Indonesia Menggugat
3. Bintang Hindia
4. 1 Januari 1907
5. R.M. Tirtohadisuryo
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment