SEJARAH VII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu
Buddha di Indonesia
- Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
· Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
· Jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dan demonstrasi peta
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan mengenai teori masuknya Hindu-Buddha di Indonesia.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mendemonstrasikan peta jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
· Diskusi mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 - 66)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Unjuk kerja dalam bentuk demonstrasi peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | | | | |
Ketepatan menunjukkan pada peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | | | | |
Kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia | | | | |
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam mendemonstrasikan peta | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).
Kunci Jawaban
A.
1. a
2. d
3. c
4. c
5. b
B.
1. Mohenjo-Daro dan Harappa
2. Waisya
3. Hinayana
4. Pratityasamutpada
5. J.C. van Leur
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment