Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 15



SEJARAH VII RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu
                                                        Buddha di Indonesia
-          Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
·         Mengidentifikasi jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Proses masuknya pengaruh Hindu-Buddha di Indonesia
·         Jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan demonstrasi peta

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan mengenai teori masuknya Hindu-Buddha di Indonesia.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mendemonstrasikan peta jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
·         Diskusi mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 55 - 66)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja dalam bentuk demonstrasi peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia.

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Ketepatan menunjukkan pada peta mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai jalur masuk dan berkembangnya agama serta kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia




Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam mendemonstrasikan peta




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55




·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 63 - 64).
Kunci Jawaban

A.
1. a
2. d
3. c
4. c
5. b

B.
1. Mohenjo-Daro dan Harappa
2. Waisya
3. Hinayana
4. Pratityasamutpada
5. J.C. van Leur




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: