SEJARAH VII RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan
dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
serta peninggalan-peninggalannya
Indikator : - Mendeskripkan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-
Buddha di Indonesia
- Mengidentifikasi letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
· Mengidentifikasi letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
· Letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kerajaan nasional pertama di Indonesia.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
· Guru menugaskan peserta didik menjawab dan menunjukkan pada peta mengenai letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Guru menugaskan peserta didik untuk membuat silsilah Kerajaan Majapahit hingga masa keruntuhannya. Silsilah dibuat pada karton ukuran besar. (Produk hal 89). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 - 90)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Produk dalam bentuk silsilah Kerajaan Majapahit yang dibuat pada karton ukuran besar. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (Produk hal 89)
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang bentuk silsilah | | | | |
Pemahaman tentang maksud kegiatan | | | | |
Kemampuan membuat silsilah | | | | |
Kualitas silsilah | | | | |
Keindahan dan Kerapian | | | | |
Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment