SEJARAH VII RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di
Indonesia
Indikator : Mendeskripsikan peninggalan zaman logam
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman logam tembaga
· Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman logam perunggu
· Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman logam besi
B. Materi Pembelajaran
· Hasil kebudayaan zaman logam tembaga
· Hasil kebudayaan zaman logam perunggu
· Hasil kebudayaan zaman logam besi
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan inquiri
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan peserta didik mengenai fungsi nekara.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan hasil kebudayaan zaman logam dengan peta konsep.
· Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai peninggalan zaman logam dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
1. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 39 - 40).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 33 - 42)
· Peta konsep
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 39 – 40).
Kunci Jawaban
A.
1. a
2. a
3. a
4. c
5. d
B.
1. kasar dan sederhana
2. Pithecanthropus
3. Dr. P. V. van Stein Callenfels
4. tanda kebesaran dan alat upacara
5. Palaeolithikum
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment