SEJARAH VIII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan
Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah
Indikator : - Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat
Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat
periode sesudah tahun 1800
- Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
- Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
B. Materi Pembelajaran
· Perlawanan rakyat Indonesia menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
· Lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah dan bermain
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Mengapa Perlawanan Diponegoro disebut Perang Jawa?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan secara garis besar mengenai bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme periode sesudah tahun 1800 dan menunjukkan lokasi perlawanan-perlawanan tersebut pada peta Indonesia.
· Bermain “Dimanakah aku?” dengan menebak gambar/foto pemimpin perlawanan terhadap kolonialisme dan menunjukkan lokasi perlawanan pada peta Indonesia.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 25 - 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 - 28)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Tes lisan dengan permainan mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah.
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 19 – 20). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. d
2. b
3. d
4. a
5. b
B.
1. kerja rodi
2. History of Java
3. Irigasi, Emigrasi, Edukasi
4. Christina Martha Tiahahu
5. The Atjehers
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment