06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 3



SEJARAH VIII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Proses Kebangkitan Nasional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan Proses Perkembangan Kolonialisme dan     
Imperialisme Barat, serta Pengaruh yang Ditimbulkannya di Berbagai Daerah
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat
                                                        Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat
                                                        periode sesudah tahun 1800
-          Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
  • Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah

B.     Materi Pembelajaran
·         Perlawanan rakyat Indonesia menentang kolonialisme bangsa barat periode sesudah tahun 1800
·         Lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan bermain

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Mengapa Perlawanan Diponegoro disebut Perang Jawa?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara garis besar mengenai bentuk-bentuk perlawanan rakyat Indonesia dalam menentang kolonialisme periode sesudah tahun 1800 dan menunjukkan lokasi perlawanan-perlawanan tersebut pada peta Indonesia.
·         Bermain “Dimanakah aku?” dengan menebak gambar/foto pemimpin perlawanan  terhadap kolonialisme dan menunjukkan lokasi perlawanan pada peta Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 25 - 26). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 1 - 28)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Tes lisan dengan permainan mengenai lokasi perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah.
  • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 19 – 20). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. d
2. b
3. d
4. a
5. b

B.
1. kerja rodi
2. History of Java
3. Irigasi, Emigrasi, Edukasi
4. Christina Martha Tiahahu
5. The Atjehers






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: