15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP38



BAHASA INGGRIS X RPP38
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 38


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu berdiskusi tentang perbedaan keseharian Sharon dan siswa
Mampu berdiskusi tentang pernyataan Sharon tentang sekolah gratis
Mampu bertanya menggunakan direct speech
Mampu menggunakan wants/desires
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Tabel perbedaan/persamaan keseharian Sharon dan Siswa
Teks keseharian Sharon Jones
Informasi mengenai reported speech
Informasi mengenai wants/desires

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa membaca teks mengenai Sharon Jones
Siswa mengisi tabel perbedaan/persamaan keseharian Sharon Jones dengan siswa
INTI
Siswa mendiskusikan pernyataan Sharon tentang sekolah gratis
Siswa diajarkan tentang direct speech
Siswa bertanya menggunakan direct speech
Siswa  diajarkan mengenai wants/desires

PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mendiskusikan hal-hal yang mereka inginkan di masa depan menggunakan ungkapan yang telah diajarkan

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 8, 9, 14
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
 
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Peragaaan diskusi hal-hal yang mereka inginkan di masa depan menggunakan ungkapan yang telah diajarkan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar  : Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal dalam bentuk diskusi
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Peragaaan diskusi hal-hal yang mereka inginkan di masa depan
Kalimat logis dan stuktur sempurna
Kalimat logis, kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Kalimat tidak logis
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: