BAHASA INGGRIS X RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan penggunaan do/don’t untuk bertanya mengenai kebiasaan makan teman Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat Mampu melengkapi rumpang teks naratif Pak Salim Mampu mengerjakan latihan ungkapan promise Mampu mengerjakan latihan kalimat berterima Mampu mencocokkan teks obat bebas dengan gambarnya Mampu menjawab esai pendek mengenai apotik Mampu menggunakan past simple, present simple, dan past continuous dengan baik |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Tabel penggunaan pertanyaan do/don’t Teks tentang makanan sehat Teks naratif Pak Salim Esai pendek mengenai apotik Informasi Promise Teks penjelasan penggunaan obat bebas dan gambarnya Informasi penggunaan knows/doesn’t know Informasi penggunaan past tense dan past continuous |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai makanan kesukaan dan apakah siswa tahu apakah makanan itu sehat Siswa mengisi tabel do/don’t untuk bertanya mengenai kebiasaan makan teman |
INTI | Siswa membaca teks makanan sehat dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks Siswa membaca teks naratif Pak Salim dan melengkapi rumpang Siswa diajarkan ungkapan promise dan mengerjakan latihannya Siswa mencocokkan teks obat bebas dengan gambarnya Siswa membaca esai pendek mengenai apotik dan menjawab pertanyaan berdasarkan esai Siswa diajarkan past simple dan past continuous dan diberikan latihan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam dalam memahami teks Siswa ditanya kosakata yang sukar |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat teks rumpang naratif Pak Salim pertanyaan esai pendek mengenai apotik latihan past simple, present simple, dan past continuous | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
teks rumpang naratif Pak Salim | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
pertanyaan esai pendek mengenai apotik | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 1 ½ 0 |
latihan past simple, present simple, dan past continuous | Jawaban sempurna Jawaban salah/ tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment