15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP19



BAHASA INGGRIS X RPP19
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 19


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, pengumuman, undangan) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan penggunaan do/don’t untuk bertanya mengenai kebiasaan makan teman
Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat
Mampu melengkapi rumpang teks naratif Pak Salim
Mampu mengerjakan latihan ungkapan promise
Mampu mengerjakan latihan kalimat berterima
Mampu mencocokkan teks obat bebas dengan gambarnya
Mampu menjawab esai pendek mengenai apotik
Mampu menggunakan past simple, present simple, dan past continuous dengan baik
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Tabel penggunaan pertanyaan do/don’t
Teks tentang makanan sehat
 Teks naratif Pak Salim
Esai pendek mengenai apotik
Informasi Promise
Teks penjelasan penggunaan obat bebas dan gambarnya
Informasi penggunaan knows/doesn’t know
Informasi penggunaan past tense dan past continuous

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai makanan kesukaan dan apakah siswa tahu apakah makanan itu sehat
Siswa mengisi tabel do/don’t untuk bertanya mengenai kebiasaan makan teman
INTI
Siswa membaca teks makanan sehat dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks
Siswa membaca teks naratif Pak Salim dan melengkapi rumpang
Siswa diajarkan ungkapan promise dan mengerjakan latihannya
Siswa mencocokkan teks obat bebas dengan gambarnya
Siswa membaca esai pendek mengenai apotik dan menjawab pertanyaan berdasarkan esai
Siswa diajarkan past simple dan past continuous dan diberikan latihan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa mengerjakan latihan kalimat berterima
Siswa ditanya mengenai kesulitan dalam dalam memahami teks
Siswa ditanya kosakata yang sukar

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 3-5, 7-8, 9-10, 11-13, 17
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat
teks rumpang naratif Pak Salim
pertanyaan esai pendek mengenai apotik
latihan past simple, present simple, dan past continuous
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  



RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar     : Merespon makna teks fungsional pendek (iklan, undangan, pengumuman) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks: prosedur, naratif, dan recount
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
pertanyaan berdasarkan teks mengenai makanan sehat

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
1
½

0
teks rumpang naratif Pak Salim

Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0
pertanyaan esai pendek mengenai apotik

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
1
½

0
latihan past simple, present simple, dan past continuous
Jawaban sempurna
Jawaban salah/ tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                                                 ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: