|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai kesehatan lingkungan Mampu mengisi rumpang pada teks percakapan telepon Mampu menuliskan angka-angka yang disebutkan operator telepon dan pelanggan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang percakapan mengenai kesehatan Teks rumpang percakapan telepon |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pendapatnya mengenai cara menjaga lingkungan dan kenyataan yang terjadi di sekeliling mereka mengenai lingkungan yang sehat |
INTI | Siswa mendengarkan teks percakapan tentang kesehatan lingkungan untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia Siswa mendengar percakapan telepon antara operator dan pelanggan untuk mengisi rumpang dan menuliskan nomor-nomor telepon yang disebutkan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam menyimak |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
√ | Model peraga | | |
√ | Lingkungan | Kesehatan lingkungan | |
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks lisan dan tulis tentang kebersihan lingkungan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kebersihan lingkungan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks percakapan rumpang mengenai kesehatan lingkungan | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Teks percakapan rumpang mengenai nomor telepon | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment