15 April 2011

Bahasa Inggris SMA X RPP9



UNIT 3                        ENVIRONMENT                                                      (halaman 38 s.d 55)
 
BAHASA INGGRIS X RPP9

RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
X (sepuluh) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount
ASPEK PEMBELAJARAN
Menyimak
INDIKATOR
Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai kesehatan lingkungan
Mampu mengisi rumpang pada teks percakapan telepon
Mampu menuliskan angka-angka yang disebutkan operator telepon dan pelanggan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks rumpang percakapan mengenai kesehatan
Teks rumpang percakapan telepon

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya pendapatnya mengenai cara menjaga lingkungan dan kenyataan yang terjadi di sekeliling mereka mengenai lingkungan yang sehat
INTI
Siswa mendengarkan teks percakapan tentang kesehatan lingkungan untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia
Siswa mendengar percakapan telepon antara operator dan pelanggan untuk mengisi rumpang dan menuliskan nomor-nomor telepon yang disebutkan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam menyimak

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga

Lingkungan
Kesehatan lingkungan
Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks lisan dan tulis tentang kebersihan lingkungan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar   : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kebersihan lingkungan
Nama Siswa             :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian   :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks percakapan rumpang mengenai kesehatan lingkungan

Jawaban benar
Jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Teks percakapan rumpang mengenai nomor telepon
Jawaban benar
Jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                               Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                     -------------------------------
NIP:                                                                                        NIP:

No comments: