|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 9
| MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
| KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
| KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
| INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai kesehatan lingkungan Mampu mengisi rumpang pada teks percakapan telepon Mampu menuliskan angka-angka yang disebutkan operator telepon dan pelanggan |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks rumpang percakapan mengenai kesehatan Teks rumpang percakapan telepon |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya pendapatnya mengenai cara menjaga lingkungan dan kenyataan yang terjadi di sekeliling mereka mengenai lingkungan yang sehat |
| INTI | Siswa mendengarkan teks percakapan tentang kesehatan lingkungan untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia Siswa mendengar percakapan telepon antara operator dan pelanggan untuk mengisi rumpang dan menuliskan nomor-nomor telepon yang disebutkan |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam menyimak |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
| √ | Material: VCD, kaset, poster | | |
| Media cetak dan elektronik | | ||
| Website internet | | ||
| Narasumber | | ||
| √ | Model peraga | | |
| √ | Lingkungan | Kesehatan lingkungan | |
| Metode | Presentasi | | |
| √ | Diskusi kelompok | | |
| √ | Inquari | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| √ | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Teks lisan dan tulis tentang kebersihan lingkungan | ||
| RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kebersihan lingkungan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
| Instrumen soal | Uraian | Skor |
| Teks percakapan rumpang mengenai kesehatan lingkungan | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
| Teks percakapan rumpang mengenai nomor telepon | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:


No comments:
Post a Comment