|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 13
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | X (sepuluh) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount dalam kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Merespon dan mengungkapkan makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna mengungkapkan monolog dalam bentuk naratif, prosedur, dan recount |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menyimak |
INDIKATOR | Mampu mengisi rumpang teks percakapan mengenai kejuaraan olahraga Mampu mengisi tabel kemampuan (can/can’t) Rani Mampu mengisi rumpang mengenai atlet terjun bebas dan menjawab latihan-latihan terkait teks ini Mampu menjawab mengenai final sound Mampu mengerjakan latihan kalimat can/can’t |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis dan lisan rumpang mengenai kejuaraan olahraga Tes lisan mengenai hal-hal yang dapat dilakukan Rani |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa mendengarkan teks lisan mengenai kemampuan Rani dan mengisi checklist tentang hal-hal yang bisa dilakukan Rani |
INTI | Siswa mendengarkan teks rumpang tentang kejuaraan olahraga untuk mengisi rumpang dengan kosakata yang tersedia Siswa mengerjakan latihan kosakata dan referen teks kejuaraan olahraga Siswa mengerjakan teks rumpang mengenai atlet terjun bebas, menjawab pertanyaan Benar/Salah mengenai teks ini, mengerjakan latihan kosakata, dan mengerjakan kalimat berterima/tidak berterima |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa mengerjakan latihan can/can’t Siswa mengerjakan latihan final sound |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
√ | Model peraga | | |
Lingkungan | |||
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
latihan kosakata mengenai teks kejuaraan olahraga latihan referen teks kejuaraan olahraga teks rumpang mengenai atlet terjun bebas latihan pertanyaan Benar/Salah teks mengenai atlet terjun bebas mengerjakan latihan kosakata mengenai teks atlet terjun bebas | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog tentang kejuaraan olahraga
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks rumpang mengenai kejuaraan olahraga | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
latihan kosakata mengenai teks kejuaraan olahraga | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
latihan referen teks kejuaraan olahraga | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
teks rumpang mengenai atlet terjun bebas | Jawaban benar Jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
latihan pertanyaan Benar/Salah teks mengenai atlet terjun bebas | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
mengerjakan latihan kosakata mengenai teks atlet terjun bebas | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment