23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 1



BIOLOGI VIII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
1.     Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
  1.1  Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.

Indikator
1.      Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
2.      Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
3.      Membedakan metamorfosis dan metagenesis.

 A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
2.      Membedakan pertumbuhan dan perkembangan.
3.      Menjelaskan  faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
4.      Mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman.
5.      Menyebutkan tiga daerah pertumbuhan terminal pada tumbuhan.
6.      Membedakan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
7.      Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada tanaman.
8.      Menjelaskan pengertian metagenesis.
9.      Menjelaskan proses metagenesis yang terjadi pada tumbuhan paku.
10.  Menjelaskan proses metagenesis yang terjadi pada ubur-ubur.
11.  Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan embrionik.
12.  Menyebutkan tahapan-tahapan pembelahan zigot.
13.  Mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada hewan.
14.  Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik.
15.  Menjelaskan pengertian metamorfosis.
16.  Membedakan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
17.  Menyebutkan contoh organisme yang mengalami metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

 B. Materi Pembelajaran
          Pertumbuhan dan Perkembangan

C. Metode Pembelajaran
1.      Model     :   - Direct Instruction (DI)
                                    -  Cooperative Learning
              2.  Metode :  -  Diskusi kelompok
                                    -  Eksperimen
                                    -  Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

   a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -   Pernahkah kalian memperhatikan mengapa seorang bayi mungil dapat berubah           menjadi anak kecil?
     -   Bagian manakah dalam tumbuhan yang mengalami pertumbuhan terminal?
l  Prasyarat pengetahuan:
    -  Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan?
    -  Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan terminal?
l  Pra eksperimen:
     -  Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
        
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (gen, nutrisi, hormon, dan lingkungan).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah kardus mie instan dan dua pot yang baru tumbuh.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen tentang pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman (Kegiatan 1.1 h.9).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pertumbuhan terminal.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya perbedaan pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.
l  Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada tanaman (Kegiatan 1.3 h.12-13).
l  Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan pot kecil yang dilubangi bagian bawahnya, penggaris, tanah yang subur, dan biji jagung atau beras.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
           a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-       Bagaimana tahapan perkembangan embrio pada hewan?
-       Bagaimana proses metamorfosis pada kupu-kupu?
l  Prasyarat pengetahuan:
       -   Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan dan perkembangan embrio?
   -   Apakah yang dimaksud dengan metamorfosis?
l  Pra eksperimen:
          -   Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

        b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian metagenesis.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai metagenesis pada tumbuhan paku dan ubur-ubur.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan embrionik.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai tahapan-tahapan pembelahan zigot.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil penggaris atau meteran, timbangan, dan hewan peliharaan yang masih kecil (sedang dalam masa pertumbuhan) misalnya kucing, anjing atau mencit.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen guna mengetahui pertumbuhan yang terjadi pada hewan (Kegiatan 1.5 h.16-17).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pasca embrionik.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.
l  Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dan hewan yang telah dipersiapkan oleh guru.
l  Peserta didik dengan kelompoknya membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 1-21
  b. Carta metamorfosis dan metagenesis
  c. Video pertumbuhan dan perkembangan
         d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
   -   Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
-         Tes isian
-         Tes uraian
        c. Contoh Instrumen:
    -  Instrumen tes isian
Pergiliran keturunan antara fase aseksual dan fase seksual secara bergantian pada makhluk hidup disebut ....
-  Contoh tes uraian
Jelaskan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan   makhluk hidup.

                                                           ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: