23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 2



BIOLOGI VIII RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI

Standar Kompetensi
   1.  Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
  1.2  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

Indikator
1.      Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa.
2.      Membedakan ciri anak-anak dan remaja.

 A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menyebutkan tahapan pada masa pembuahan sampai lahir.
2.      Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu.
3.      Menyebutkan tahapan pada masa setelah lahir.
4.      Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak.
5.      Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa remaja.
6.      Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa dewasa.
7.      Menjelaskan karakteristik pertumbuhan dan perkembangan pada masa manula.
8.      Mengelompokkan variasi manusia berdasarkan tahap perkembangan manusia.
9.      Menjelaskan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas.

B. Materi Pembelajaran
            Pertumbuhan dan Perkembangan pada Manusia

C. Metode Pembelajaran
   1.  Model      :   -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
               2.  Metode    :  -   Diskusi kelompok
                                        -   Observasi
                                        -   Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -   Sebutkan tahapan masa pembuahan sampai lahir.
     -   Mengapa seorang perempuan mengalami menstruasi?

l  Prasyarat pengetahuan:
    -   Bagaimana tahapan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu?
    -   Apakah ciri-ciri perempuan yang mengalami pubertas?

 b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan masa pembuahan sampai lahir dan masa setelah lahir.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan tahapan masa pembuahan sampai lahir (masa dalam kandungan ibu).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri tahapan masa pembuahan sampai lahir.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia pada masa setelah lahir.
l  Guru membagi tugas kelompok:
        -  2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa anak-anak.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa remaja.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa dewasa.
 -  2 kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi karakteristik masa manula.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru memberikan penghargaan atau komentar tentang apa yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
l  Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia yang telah dipersiapkan oleh guru.
l  Peserta didik mengelompokkan variasi manusia berdasarkan tahap perkembangan manusia dengan menggunakan gambar-gambar yang berasal dari majalah, koran, dan tabloid untuk dijadikan poster.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan ciri-ciri remaja yang mengalami pubertas.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 22-34
  b. Carta pertumbuhan dan perkembangan pada manusia
  c. Video pertumbuhan dan perkembangan manusia

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
   -   Tes tertulis
        b. Bentuk Instrumen:
-         Tes isian
-         Tes uraian
        c. Contoh Instrumen:
    -  Instrumen tes isian
Setelah terjadi pembuahan ovum oleh sperma, zigot akan tumbuh menjadi ....
                -  Contoh tes uraian
Jelaskan ciri-ciri seks sekunder pada remaja perempuan yang mengalami masa pubertas.

                                                           ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: