Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 4



BIOLOGI VII RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    6.     Memahami keanekaragaman makhluk hidup.

Kompetensi Dasar        :    6.1   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

Indikator                      :    1.     Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
                                           2.     Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan observasi.
                                           3.     Membedakan ciri tumbuhan dan hewan.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

1.          Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
2.          Menyebutkan ciri-ciri makhluk tak hidup.
3.          Mengetahui reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
4.          Menentukan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
5.          Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
6.          Menjelaskan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.

Materi Pembelajaran   :    Ciri-ciri Makhluk Hidup

Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Direct Instruction (DI)
                                          -      Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -       Apakah perbedaan antara batu dengan ayam?
              -       Mengapa tumbuhan putri malu akan mengatup daunnya bila tersentuh?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -       Apakah ciri-ciri makhluk hidup?
              -       Apakah perbedaan antara hewan dan tumbuhan?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah dan mencatat semua yang ditemukan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mencari perbedaan makhluk hidup dan tak hidup.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
       .      Wakil tiap kelompok diminta mengambil tumbuhan putri malu, batang korek api dan air.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui reaksi tumbuhan putri malu terhadap rangsangan sentuh.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (bersama guru) mengamati satu pot tanaman yang subur dan men-diskusikan mengapa di sekeliling tumbuhan induk banyak tumbuhan yang kecil-kecil.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menanam kacang hijau, satu pot diletakkan di tempat terang dan satu lagi di tempat gelap.
       .      Peserta didik secara berkelompok diminta mengamati dan membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut, setelah 4-5 hari kemudian.
       .      Guru memeriksa eksperimen  yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah, peserta didik diminta untuk mengamati makhluk hidup dalam daftar berikut:
              -     jamur yang tumbuh pada roti                    -    cacing tanah
              -     biji yang sedang berkecambah                  -    ikan
              -     daun pada pohon yang masih hidup         -    katak
              -     tanaman berbunga                                    -    diri kalian sendiri
              Tuliskan masing-masing ciri makhluk hidup yang dapat kalian amati.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 49-62
b.    Alat dan bahan praktikum
c.    Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes kinerja
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Tes unjuk kerja produk
       -      PG
-      Uraian
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes unjuk kerja produk
              Mengetahui reaksi tumbuhan putri malu terhadap rangsangan sentuhan dan air.
Jenis rangsangan
Bagian tumbuhan yang diberi rangsangan
Reaksi tumbuhan

Sentuhan
 Ujung daun

 Pangkal daun

 Batang


Tetesan air
 Ujung daun

 Pangkal daun

 Batang

       -      Contoh tes PG
              Zat-zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh kita sebagai berikut, kecuali...
              a.  urin (air seni)                                             c.  kelenjar pencernaan
              b.  karbon dioksida                                         d.  keringat
       -      Contoh tes uraian
              Apakah tujuan makhluk hidup berkembang biak?

...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: