KIMIA vIii RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMP
Kelas : VIII (delapan)
Mata Pelajaran : IPA KIMIA
Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
Kompetensi Dasar
4.4 Mendeskripsikan sifat atau pengaruh zat adiktif dan psikotropika.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat psikotropika.
2. Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian zat adiktif.
2. Menyebutkan contoh zat adiktif.
3. Menjelaskan pengaruh merokok bagi kesehatan.
4. Menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
5. Menjelaskan pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
6. Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
7. Menjelaskan pengertian zat psikotropika.
8. Menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
9. Membedakan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
10.Menjelaskan dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
11.Menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
12.Menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
Materi Pembelajaran: Zat Adiktif dan Psikotropika
Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa merokok dapat berbahaya bagi ibu hamil?
- Apakah dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan?
· Prasyarat pengetahuan:
- Bahan kimia apa saja yang terkandung dalam rokok?
- Apa yang dimaksud dengan obat-obatan psikotropika?
b. Kegiatan Inti
l Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat adiktif.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan zat adiktif.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengaruh merokok bagi kesehatan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan bahan-bahan kimia yang berbahaya dalam rokok.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh minuman keras bagi kesehatan.
l Perwakilan dari tiap kelompok menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh minuman keras.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian zat psikotropika.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan golongan obat-obatan psikotropika.
l Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan obat stimulan, obat depresan, dan obat halusinogen.
l Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai dampak negatif obat-obatan psikotropika bagi kesehatan.
l Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan penyakit yang disebabkan oleh obat-obatan psikotropika.
l Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l Guru menjelaskan dampak negatif zat adiktif dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
c. Kegiatan Penutup
l Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 51-57
b. Buku referensi yang relevan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes PG
- Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes PG
Di bawah ini merupakan racun utama yang terdapat dalam rokok, kecuali ....
a. tar c. karbon monoksida
b. nikotin d. oksigen
- Contoh tes uraian
Sebutkan tiga golongan obat psikotropika berikut contohnya.
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment