03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 4



KIMIA vIii RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
1.      Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Menjelaskan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Menjelaskan kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
2.    Menjelaskan pengertian bahan pembersih.
3.    Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pembersih.
4.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembersih.
5.    Menjelaskan pengertian bahan pemutih.
6.    Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pemutih.
7.    Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemutih.
1.      Menjelaskan pengertian bahan pewangi.
2.      Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pewangi.
3.      Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pewangi.
4.      Menjelaskan pengertian bahan pembasmi serangga.
5.      Menyebutkan bahan-bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.
6.      Menjelaskan kegunaan dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.

Materi Pembelajaran: Kimia Rumah Tangga

Metode Pembelajaran
1.  Model:   -  Direct Instruction (DI)
                   -  Cooperative Learning
2.  Metode:  -  Diskusi kelompok
                   -  Ceramah
                
Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah bahan pembersih yang biasa kamu gunakan di rumah?
-   Pernahkah kamu menggunakan parfum?
l  Prasyarat pengetahuan
-   Bagaimana cara sabun membersihkan kotoran?
-   Bahan kimia apa saja yang dapat digunakan sebagai bahan pewangi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan  kegunaan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok:
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pembersih.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme bahan kimia pada bahan pemutih.
     -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme            bahan kimia pada bahan pewangi.
-  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan jenis, kegunaan, dan mekanisme         bahan kimia pada bahan pembasmi serangga.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing  lima contoh bahan kimia pada bahan pembersih, bahan pemutih, bahan pewangi dan bahan pembasmi serangga.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jawaban yang telah ditulis.
l  Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh bahan kimia pada bahan pembersih, bahan pemutih, bahan pewangi, dan bahan pembasmi serangga yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 21-29.
b. Buku referensi yang relevan.
c. Produk kimia sehari-hari.

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
-   Tes isian
-   Tes uraian
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes isian
Bahan kimia yang dapat melarutkan lemak adalah ....
-    Contoh tes uraian
Sebutkan lima jenis tanaman yang buah atau bunganya dapat dijadikan bahan pewangi.
                                   
                                                                                                                         ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                        Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                                  ..............................
NIP.                                                                                                                       NIP.

No comments: