Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 1



KIMIA vIii RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMP
Kelas                                       : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
3. Memahami konsep partikel materi.

Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul.

Indikator
1.      Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
2.      Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri dari ion-ion.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Mengetahui penemuan atom.
2.      Mengetahui penemuan partikel subatomik dan struktur atom.
3.      Membedakan elektron, proton, dan neutron.
4.      Menentukan konfigurasi elektron dari suatu unsur.
5.      Menuliskan konfigurasi elektron dari suatu unsur.
6.      Membedakan nomor atom dan nomor massa.
7.      Menuliskan nomor atom dan nomor massa dari suatu unsur.
8.      Membedakan isotop, isobar, dan isoton.
9.      Menyebutkan contoh isotop, isobar, dan isoton.
10.  Menjelaskan pengertian massa atom relatif.
11.  Menjelaskan pengertian ion.
12.  Membedakan ion positif dan ion negatif.
13.  Menyebutkan beberapa contoh ion.

Materi Pembelajaran: Atom, Ion, dan Molekul

Metode Pembelajaran
1.      Model   : -  Direct Instruction (DI)
                               -  Cooperative Learning
2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
                                 -  Ceramah
                            
Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-   Apakah yang bergerak mengeliling inti atom?
-   Atom yang kehilangan elektron akan menjadi ion positif atau ion negatif?
l  Prasyarat pengetahuan:
-  Apakah yang dimaksud dengan elektron?
-  Apakah yang dimaksud dengan ion positif?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penemuan partikel subatomik dan struktur atom.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan elektron, proton, dan neutron.
l  Guru menjelaskan cara menentukan konfigurasi elektron dari suatu unsur.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menentukan konfigurasi elektron dari beberapa unsur.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menuliskan konfigurasi elektron dari 3 buah unsur.
l  Guru memeriksa penulisan konfigurasi elektron yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan perbedaan pengertian nomor atom dan nomor massa dari suatu unsur yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan contoh soal cara menentukan nomor atom dan nomor massa dari suatu unsur.
l  Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal cara menentukan nomor atom dan nomor massa dari suatu unsur di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan isotop, isobar, dan isoton.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa contoh isotop, isobar, dan isoton.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian massa atom relatif.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru mengenai perbedaan ion positif dan ion negatif.
l  Peserta didik diminta untuk menyebutkan beberapa contoh ion positif dan ion negatif.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 1-10.
b. Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
-  Tes tulis
b. Bentuk Instrumen:
-   PG
-   Uraian
c. Contoh Instrumen:
-   Contoh tes PG
Partikel pembentuk inti atom terdiri dari ....
        a. proton dan neutron              c. elektron dan neutron                                   
        b. proton dan elektron             d. proton saja  
-   Contoh uraian
Jelaskan perbedaan antara isotop, isobar, dan isoton. Berikan contohnya masing-masing.

                                                            ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                                Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                              ..............................
NIP.                                                                                                                    NIP.

No comments: