KIMIA viiI silabus
Silabus
Sekolah : SMP ..............................
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : IPA KIMIA
Standar Kompetensi 3. Menjelaskan konsep partikel materi.
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul. | Atom, Ion, dan Molekul | - Studi pustaka tentang atom, ion, dan molekul. - Mengidentifikasi contoh materi yang terdiri atas ion-ion. | - Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul). - Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes uraian Tes PG | Deskripsikan pengertian atom, ion, dan molekul. Di bawah ini merupakan ion monoatomik, kecuali .... a. H+ c. Ca2+ b. Cl- d. OH- | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h. 1-10 dan buku referensi yang relevan. |
3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari. | Hubungan Atom, Ion, dan Molekul dengan Produk Kimia | - Studi pustaka tentang hubungan atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari. - Membaca isi kemasan produk kimia untuk memperoleh komponen penyusunnya. | - Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul. - Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes uraian Tes uraian | Deskripsikan hubungan atom, ion, dan molekul. Sebutkan komponen yang menyusun air aki. | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.10-12, buku referensi yang relevan, dan produk kimia sehari-hari. |
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa. | Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa | - Mengamati gambar perbedaan molekul unsur dengan molekul senyawa. - Studi pustaka contoh-contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | - Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa. - Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari. | Tes tertulis Penugasan | Uraian Tugas rumah | Kemukakan dengan menggunakan simbol perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa. Buatlah daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.12-20 dan buku referensi yang relevan. |
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari. | Kimia Rumah Tangga | - Mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya. - Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga. - Mencari informasi melalui referensi atau nara sumber tentang efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga. | - Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. - Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes uraian Tes isian | Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman. Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan .... | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.21-29, buku referensi yang relevan, dan kemasan produk kimia sehari-hari. |
4.2 Mengkomunikasi-kan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia. | Kegunaan dan Efek Samping Bahan Kimia | - Studi pustaka efek samping bahan kimia. - Menelaah kemasan suatu produk untuk mendapatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang digunakannya. | - Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk. - Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga. | Tes tertulis Tes unjuk kerja | Tes uraian Tes identifikasi | Sebutkan manfaat dan dampak dari penggunaan insektisida. Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan berikut ini. | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.29-34, buku referensi yang relevan, dan kemasan produk kimia. |
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan. | Bahan Kimia Alami dan Buatan | - Mencari informasi melalui referensi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan. - Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia alami. - Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia buatan. | - Mengidentifikasikan fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan. - Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan dalam bahan makanan kemasan. - Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan. | Tes tertulis Penugasan | Tes isian Tugas rumah | Sebutkan contoh-contoh bahan pewarna alami dan bahan pewarna buatan. Kumpulkan kemasan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buatlah laporan tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan yang ada pada kemasan tersebut. | 4 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.35-49, buku referensi yang relevan, dan makanan dalam kemasan. |
4.4 Mendeskripsi-kan sifat atau pengaruh zat adiktif dan psikotropika. | Zat Adiktif dan Psikotropika | - Studi pustaka tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika. - Mendata contoh zat adiktif. - Mendata contoh zat psikotropika. - Mencari informasi dari nara sumber tentang dampak negatif penggunaan zat adiktif dan psikotropika. | - Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat psikotropika. - Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. | Tes tertulis Tes tertulis | Tes PG Tes uraian | Di bawah ini merupakan racun utama yang terdapat dalam rokok, kecuali .... a. tar b. nikotin c. karbon monoksida d. oksigen Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia. | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.51-57 dan buku referensi yang relevan. |
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika. | Cara Menghindarkan Diri dari Pengaruh Zat Adiktif dan Psikotropika. | - Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika. | - Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika. - Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan. | Tes tertulis Penugasan | Tes uraian Tugas rumah | Bagaimanakah cara kita agar terhindar dari zat adiktif dan psikotropika? Jelaskan. Buatlah data tentang zat-zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan. | 2 x 40’ | Buku IPA Kimia Jl. 2 (Esis) h.58-64 dan buku referensi yang relevan. |
........................,.........................
Mengetahui
Kepala SMP ................. Guru Mata Pelajaran
..................................... ......................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment