02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 8



KIMIA vii RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar        :    4.4   Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan seder-hana.
Indikator                      :    1.     Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas.
                                           2.     Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Menuliskan persamaan reaksi kimia.
                                           2.     Menyebutkan ciri-ciri reaksi kimia.
                                           3.     Mengamati salah satu ciri reaksi kimia, yaitu pembentukan gas.
                                           4.     Menjelaskan jenis-jenis reaksi kimia.
                                           5.     Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi kimia.
                                           6.     Mengamati pengaruh konsentrasi pereaksi terhadap kecepatan reaksi kimia.
                                           7.     Mengamati pengaruh luas permukaan sentuh terhadap kecepatan reaksi kimia.
                                           8.     Menjelaskan reaksi kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran   :    Reaksi Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah          
                                           -    Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah pembentukan gas tergolong ciri reaksi kimia?
             -     Mengapa makanan bisa menjadi tengik?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah ciri-ciri reaksi kimia?
             -     Apakah yang dimaksud dengan oksidasi?
       .      Pra eksperimen:
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara penulisan persamaan reaksi kimia.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai ciri-ciri reaksi kimia (pemben-tukan gas, pembentukan endapan, perubahan warna, dan perubahan suhu).
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil tabung reaksi, tutup tabung, pipa gelas, pipet tetes, potongan kalsium, larutan asam klorida 1 M dan air kapur.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen untuk mengamati pembentukan gas sebagai salah satu ciri dari reaksi kimia.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis reaksi kimia (dekomposisi, oksidasi, reduksi, reduksi, netralisasi, pengendapan, pertukaran, dan fermentasi).
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Mengapa pembusukan makanan berlangsung dalam waktu yang relatif lama?
             -     Mengapa kayu bakar harus dibelah-belah agar mudah terbakar?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan kecepatan reaksi?
             -     Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kecepatan reaksi?
       .      Pra eksperimen:
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
             -     Berhati-hatilah dalam mencampurkan dua larutan yang berbeda.

b.    Kegiatan Inti       
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kecepatan reaksi.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi (suhu reaksi, konsentrasi pereaksi, luas permukaan sentuh dan katalis).
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil erlenmeyer, stopwatch, pipet tetes, larutan asam sulfat 1 M, pita magnesium dan aquades.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen untuk mengamati pengaruh konsentrasi terhadap kecepatan reaksi.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati pengaruh luas permukaan sentuh terhadap kecepatan reaksi.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan gelas beker, stopwatch, padatan kalsium karbonat dan larutan asam klorida encer.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan reaksi kimia yang terjadi dalam kehidu-pan sehari-hari.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 69-88
b.    Buku kerja.
c.    Alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
       -      Tes unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uraian
       -      Lembar observasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes uraian
             Mengapa gula tidak dapat larut dengan baik dalam air dingin? Apa yang harus dilakukan agar gula dapat larut?
             
                                     

                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: