02 May 2011

Kimia SMP VII Silabus



KIMIA vii silabus

Silabus

Sekolah                   : SMP ...................
Kelas                       : VII (Tujuh)
Semester                  : 1 (Satu)
Mata Pelajaran         : Ilmu Pengetahuan Alam (Kimia)

Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat


   Asam, Basa,
dan Garam

-  Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam




-  Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam



-  Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik


-   Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai



-   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam

-   Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

Tes tertulis






Tes unjuk kerja



Tes unjuk kerja

PG






Tes identifikasi



Uji petik kerja prosedur

Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi . . . .
a. air kapur
b. pemutih pakaian
c. air sabun
d. perasan jeruk lemon
Bagaimana Pak Fajri bisa membedakan botol kimia yang berisi asam di antara botol-botol lain yang berisi basa?
Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu larutan dengan menggunakan indikator universal?


4 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 7-14, Buku Kerja, lingkungan sekitar, alat ukur

2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari


Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan



-  Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan




-  Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam basa di laboratorium dan di alam



Tes unjuk kerja


Uji petik kerja prosedur


Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan menggunakan kunyit atau kembang sepatu

3 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 12-20, Buku Kerja, lingkungan sekitar

2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Unsur Kimia

-  Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya















-  Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya


-   Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur








-   Menuliskan nama dan lambang unsur





-   Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana



-  Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya


Tes tulis









Tes tulis






Tes tulis




Tes tulis

PG









PG






PG




PG

Natrium, nikel, dan nitrogen mempunyai lambang unsur berturut-turut . . . .
a. N, Ni, dan No
b. Na, N, dan Ni
c. N, Ne, dan No
d. Na, Ni, dan N



Au dan Ag adalah lambang unsur dari . . . .
a. emas dan perak
b. aluminium dan argon
c. perak dan argon
d. titanium dan emas

Rumus kimia Natrium nitrat adalah . . . .
a. NO2               c. Na2SI4
b. NaCl             d. NaNO3

Contoh senyawa antara lain . . .
a. air, oksigen, garam
b. emas, perak, besi
c. air, gula, metana
d. etanol, hidrogen, oksigen


4 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 21-32, referensi yang relevan

2.4 Membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran


Unsur, Senyawa, dan Campuran


-  Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran


-  Mengklasifikasikan materi secara sederhana



-  Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen


-  Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan

-   Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran )

-   Mengelompokkan zat-zat  ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari


Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja



Tes unjuk kerja


Tes identifikasi


Uji petik kerja prosedur



Tes identifikasi


Apakah garam dapur termasuk senyawa ataukah campuran?


Manakah yang merupakan unsur, senyawa, campuran dari gambar-gambar berikut?


Kelompokkan bahan-bahan berikut menjadi campuran homogen dan campuran heterogen.


4 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 32-39, referensi yang relevan


Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber  Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh Instrumen

4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat


Sifat Fisika
dan Sifat Kimia

-   Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia

-   Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari


-  Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia

-  Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya


Tes unjuk kerja


Tes tertulis






Tes identifikasi


 PG




Sebutkan dua sifat fisika dan satu sifat kimia dari gas elpiji, emas, dan air.

Tembaga dimanfaatkan sebagai kabel listrik karena mempunyai sifat fisika . . . .
a.  mempunyai titik leleh rendah
b. tidak dapat menghantarkan panas
c. sangat mudah bereaksi dengan zat lain
d. mudah menghantarkan listrik


4 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis)hlm 41-47, Buku Kerja, alat dan bahan praktikum

4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia


Pemisahan Campuran

-   Mencari informasi tentang pemisahan campuran


-   Mengamati percobaan tentang penjernihan air


-   Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran


-  Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih

-  Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana

-  Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi )


Tes tertulis



Penugasan



Observasi

Uraian



Tugas proyek



Lembar observasi

Jelaskan proses pengambilan garam dari air laut.


Buat alat penjernih air sederhana.



Kegiatan 4.2




4 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis)hlm 49-64, Buku Kerja, alat praktikum

4.3  Menyimpulkan perubahan  fisika dan kimia berdasar-kan hasil percobaan sederhana


Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

-   Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia


-   Merumuskan kesimpulan hasil percobaan  fisika dan kimia

-  Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia

-  Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan

Tes tertulis



Tes unjuk kerja

Uraian



Tes identifikasi


Perubahan berikut ini tergolong perubahan fisika ataukah perubahan kimia?

Pada bagian manakah dari lilin yang menyala yang merupakan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia?


3 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 65-69, Buku Kerja dan alat praktikum

4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana


Reaksi Kimia

-   Melakukan percobaan tentang reaksi kimia


-   Mendiskusikan kesimpulan tentang reaksi kimia

-  Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas

-  Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia

Tes unjuk kerja


Tes tertulis

Lembar observasi


Uraian

Kegiatan 5.1



Saat zat A dan zat dicampur ternyata tidak terjadi perubahan warna dan tidak terbentuk endapan, namun ketika diraba terasa hangat. Apakah terjadi reaksi kimia pada proses itu?


3 × 40’

Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) h. 69-88, alat dan bahan praktikum


............................................................

Mengetahui                                                                                                                                                    
Kepala SMP ............                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran




..............................................                                                                                                                                                                                                                                                  ..............................................
NIP                                                                                                                                                                                                                                                          NIP                                        

No comments: