KIMIA vii silabus
Silabus
Sekolah : SMP ...................
Kelas : VII (Tujuh)
Semester : 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (Kimia)
Standar Kompetensi : 2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat | Asam, Basa, dan Garam | - Melalui pengamatan untuk menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, garam - Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, garam - Melakukan percobaan dengan alat penentu/penunjuk asam dan basa misalnya kertas lakmus atau pH stik | - Mengidentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai - Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam - Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan | Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | PG Tes identifikasi Uji petik kerja prosedur | Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi . . . . a. air kapur b. pemutih pakaian c. air sabun d. perasan jeruk lemon Bagaimana Pak Fajri bisa membedakan botol kimia yang berisi asam di antara botol-botol lain yang berisi basa? Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu larutan dengan menggunakan indikator universal? | 4 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 7-14, Buku Kerja, lingkungan sekitar, alat ukur |
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari | Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan | - Mengidentifikasi sifat asam dan basa pada bahan makanan | - Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam basa di laboratorium dan di alam | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja prosedur | Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan menggunakan kunyit atau kembang sepatu | 3 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 12-20, Buku Kerja, lingkungan sekitar |
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana | Unsur Kimia | - Mengidentifikasi lambang unsur dan menuliskannya - Mencari informasi nama senyawa menuliskan rumus kimianya | - Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur - Menuliskan nama dan lambang unsur - Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana - Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya | Tes tulis Tes tulis Tes tulis Tes tulis | PG PG PG PG | Natrium, nikel, dan nitrogen mempunyai lambang unsur berturut-turut . . . . a. N, Ni, dan No b. Na, N, dan Ni c. N, Ne, dan No d. Na, Ni, dan N Au dan Ag adalah lambang unsur dari . . . . a. emas dan perak b. aluminium dan argon c. perak dan argon d. titanium dan emas Rumus kimia Natrium nitrat adalah . . . . a. NO2 c. Na2SI4 b. NaCl d. NaNO3 Contoh senyawa antara lain . . . a. air, oksigen, garam b. emas, perak, besi c. air, gula, metana d. etanol, hidrogen, oksigen | 4 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 21-32, referensi yang relevan |
2.4 Membanding-kan sifat unsur, senyawa, dan campuran | Unsur, Senyawa, dan Campuran | - Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa dan campuran - Mengklasifikasikan materi secara sederhana - Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen | - Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan - Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran ) - Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari | Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja Tes unjuk kerja | Tes identifikasi Uji petik kerja prosedur Tes identifikasi | Apakah garam dapur termasuk senyawa ataukah campuran? Manakah yang merupakan unsur, senyawa, campuran dari gambar-gambar berikut? Kelompokkan bahan-bahan berikut menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. | 4 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 32-39, referensi yang relevan |
Standar Kompetensi : 4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat | Sifat Fisika dan Sifat Kimia | - Melakukan percobaan tentang perubahan fisika dan perubahan kimia - Mengidentifikasi peristiwa perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari | - Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia - Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya | Tes unjuk kerja Tes tertulis | Tes identifikasi PG | Sebutkan dua sifat fisika dan satu sifat kimia dari gas elpiji, emas, dan air. Tembaga dimanfaatkan sebagai kabel listrik karena mempunyai sifat fisika . . . . a. mempunyai titik leleh rendah b. tidak dapat menghantarkan panas c. sangat mudah bereaksi dengan zat lain d. mudah menghantarkan listrik | 4 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis)hlm 41-47, Buku Kerja, alat dan bahan praktikum |
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia | Pemisahan Campuran | - Mencari informasi tentang pemisahan campuran - Mengamati percobaan tentang penjernihan air - Mengidentifikasi dari hasil percobaan tentang pemisahan campuran | - Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran partikel dan titik didih - Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana - Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih ( penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi ) | Tes tertulis Penugasan Observasi | Uraian Tugas proyek Lembar observasi | Jelaskan proses pengambilan garam dari air laut. Buat alat penjernih air sederhana. Kegiatan 4.2 | 4 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis)hlm 49-64, Buku Kerja, alat praktikum |
4.3 Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasar-kan hasil percobaan sederhana | Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia | - Mengkaji hasil percobaan perubahan fisika dan kimia - Merumuskan kesimpulan hasil percobaan fisika dan kimia | - Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia - Membandingkan karakteristik perubahan kimia dan fisika berdasarkan percobaan | Tes tertulis Tes unjuk kerja | Uraian Tes identifikasi | Perubahan berikut ini tergolong perubahan fisika ataukah perubahan kimia? Pada bagian manakah dari lilin yang menyala yang merupakan contoh perubahan fisika dan perubahan kimia? | 3 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) hlm 65-69, Buku Kerja dan alat praktikum |
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui percobaan sederhana | Reaksi Kimia | - Melakukan percobaan tentang reaksi kimia - Mendiskusikan kesimpulan tentang reaksi kimia | - Mereaksikan dua zat untuk menunjukkan terjadinya pembentukan gas - Menyimpulkan ciri-ciri terjadinya reaksi kimia | Tes unjuk kerja Tes tertulis | Lembar observasi Uraian | Kegiatan 5.1 Saat zat A dan zat dicampur ternyata tidak terjadi perubahan warna dan tidak terbentuk endapan, namun ketika diraba terasa hangat. Apakah terjadi reaksi kimia pada proses itu? | 3 × 40’ | Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) h. 69-88, alat dan bahan praktikum |
............................................................
Mengetahui
Kepala SMP ............ Guru Mata Pelajaran
.............................................. ..............................................
NIP NIP
No comments:
Post a Comment