02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 7



KIMIA vii RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar        :    4.3   Menyimpulkan perubahan fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana.
Indikator                      :    1.     Membuat kesimpulan dari hasil percobaan perubahan fisika dan perubahan kimia.
                                           2.     Membandingkan karakteristik perubahan fisika dan perubahan kimia berdasarkan percobaan.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
                                           2.     Menyebutkan ciri-ciri perubahan fisika.
                                           3.     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan fisika.
                                           4.     Menyebutkan perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari.
                                           5.     Menjelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan kimia.
                                           6.     Menyebutkan ciri-ciri perubahan kimia.
                                           7.     Mengamati beberapa peristiwa yang menunjukkan perubahan kimia.
                                           8.     Menyebutkan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran   :    Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah
                                           -    Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA


a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah merebus air tergolong perubahan fisika atau perubahan kimia?
             -     Apakah gula pasir yang telah dicampur dengan air dapat dipisahkan kembali?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah ciri-ciri perubahan fisika?
             -     Bagaimana sebab-sebab terjadinya perubahan fisika?
       .      Pra eksperimen:
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perubahan fisika dan menye-butkan beberapa contohnya.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai sebab-sebab terjadinya peru-bahan fisika (pelepasan dan pengambilan panas, pencampuran zat; selama zat-zat yang bercampur tidak membentuk zat baru dan di potong atau dibelah).
       .      Wakil tiap kelompok diminta mengambil es batu, air, gelas kimia, gula, teh dan pengaduk.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen perubahan fisika.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perubahan kimia dan menye-butkan beberapa contohnya.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sebab-sebab terjadinya peruba-han kimia ( pembakaran, pencampuran zat, dan aliran listrik).
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai peru-bahan kimia.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan kertas putih, korek api, tabung reaksi, larutan natrium hidroksida dan larutan asam klorida.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan untuk membandingkan karakteristik perubahan fisika dan kimia.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 65-69
b.    Buku kerja.
c.    Alat praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
       -      Tes unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uraian
       -      Tes identifikasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes uraian
       Jelaskan sebab-sebab terjadinya perubahan fisika.
       -      Contoh tes identifikasi
             Manakah yang merupakan perubahan fisika dan perubahan kimia dari jenis-jenis perubahan di bawah ini?
             -    es mencair                                -   mengisi ulang aki
             -    kertas yang dibakar                  -   memasak makanan
       -    air yang menguap

                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: