02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 3



KIMIA vii RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar        :    2.3   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.
Indikator                      :    1.     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur.
                                           2.     Menuliskan nama dan lambang unsur.
                                           3.     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana.
                                           4.     Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                          1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                          2.     Mengenal nama dan lambang unsur.
                                          3.     Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                          4.     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                     5.     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                          6.     Menjelaskan pengertian senyawa.
                                          7.     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                          8.     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                          9.     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
Materi Pembelajaran   :    Unsur Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
             -     Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan air di udara?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan unsur?
             -     Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi-logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.

PERTEMUAN KEDUA
a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
             -     Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan air?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
             -     Bagaimana senyawa dapat terbentuk?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
       .      Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 21-32.
b.    Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis     
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes PG
             Pernyataan berikut yang benar mengenai unsur adalah....
             a. termasuk campuran homogen  c. zat paling sederhana yang tidak dapat diuraikan lagi
             b. dapat diuraikan secara fisika    d. bukan termasuk zat murni
            
...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: