Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 5



KIMIA vii RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar        :    4.1   Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat.
Indikator                      :    1.     Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia.
                                           2.     Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:          
                                           1.     Menjelaskan pengertian sifat intensif dan sifat ekstensif zat.
                                           2.     Membedakan sifat intensif dan sifat ekstensif.
                                           3.     Menjelaskan pengertian sifat fisika dan sifat kimia zat.
                                           4.     Menyebutkan beberapa sifat fisika zat.
                                           5.     Menyebutkan beberapa sifat kimia.
                                           6.     Membedakan sifat fisika dan sifat kimia zat.
Materi Pembelajaran   :    Sifat Fisika dan Sifat Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah warna tergolong sifat intensif atau sifat ekstensif dari suatu zat?
             -     Bagaimana cara menentukan tingkat kekerasan suatu zat?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan sifat intensif zat?
             -     Apakah yang dimaksud dengan tingkat kekerasan?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat intensif dan ektensif zat.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai beberapa sifat intensif dan ektensif zat.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat fisika suatu zat.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai beberapa sifat fisika zat (titik lebur, titik didih, daya hantar panas, daya hantar listrik, kerapatan dan tingkat kekerasan).
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.


PERTEMUAN KEDUA


a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah proses perkaratan besi tergolong sifat fisika atau sifat kimia?
             -     Senyawa apakah yang terbentuk jika kalsium bereaksi dengan oksigen?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan sifat kimia zat?
             -     Bagaimana kemampuan zat bereaksi dengan oksigen?
b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat kimia zat.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa sifat kimia yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kemampuan zat untuk bereaksi dengan oksigen, air dan asam.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menuliskan beberapa senyawa yang dihasilkan, jika suatu unsur bereaksi dengan oksigen, air dan asam.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok membuat kesimpulan mengenai beberapa perbedaan sifat fisika dan sifat kimia zat.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 41-47
b.    Buku referensi yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis                                   
       -      Tes unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG                                               
       -      Tes identifikasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes identifikasi:
             Manakah yang merupakan sifat fisika dan sifat kimia zat dari beberapa sifat zat di bawah ini?
             -    kerapatan                                 -   bensin mudah terbakar
             -    titik lebur                                 -   titik didih
             -    besi mudah terkorosi               
       -      Contoh tes PG:
             Berikut ini yang termasuk sifat intensif adalah....
             a   panjang                                    c.  titik beku
             b   volum                                      d   berat
                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: