10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 14



SEJARAH IX RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut
                                                         Irian Barat
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi latar belakang perjuangan
                                                        mengembalikan Irian Barat
-          Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·      Mengidentifikasi latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat
·      Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat

B. Materi Pembelajaran
  • Latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat
  • Perjuangan diplomasi

C.  Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT dan tanya jawab

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·           Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa isi hasil perundingan KMB mengenai Irian Barat?”.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik mencari artikel di internet pada situs //www.papuaweb.org/dlib/sejarah.#html#un mengenai sejarah Papua.
·         Tanya jawab disertai tes lisan mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan mengisi Skala Sikap (hal 88).

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·       Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·       Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 - 88)
·       Peta konsep
·       Power point
·       OHP
·       Buku-buku penunjang yang relevan
·       Internet

F.  Penilaian
·         Skala Sikap (hal 88).
·         Tes Lisan mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.



Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: