SEJARAH IX RPP 14
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut
Irian Barat
Indikator : - Mengidentifikasi latar belakang perjuangan
mengembalikan Irian Barat
- Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat
· Mendeskripsikan perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat
B. Materi Pembelajaran
- Latar belakang perjuangan mengembalikan Irian Barat
- Perjuangan diplomasi
C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT dan tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa isi hasil perundingan KMB mengenai Irian Barat?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menugaskan peserta didik mencari artikel di internet pada situs //www.papuaweb.org/dlib/sejarah.#html#un mengenai sejarah Papua.
· Tanya jawab disertai tes lisan mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan mengisi Skala Sikap (hal 88).
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 - 88)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
· Skala Sikap (hal 88).
· Tes Lisan mengenai perjuangan diplomasi dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment