SEJARAH IX RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 3.2. Mendeskripsikan Strategi Nasional Peristiwa Madiun/
PKI, DI/TII, G 30 S/PKI, dan Konflik-konflik Internal
Lainnya
Indikator : - Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/
1948
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/1948
B. Materi Pembelajaran
· Pemberontakan PKI Madiun/1948
C. Metode Pembelajaran
· Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Kapan pertama kali PKI melakukan pemberontakan?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik mencari artikel di internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948.
· Peserta didik membuat portofolio berbentuk rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 - 100)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Portofolio berbentuk rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948.
Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian |
|
|
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar tentang pemberontakan DI/TII | | | | |
Kemampuan menerangkan cara membuat peta tentang pemberontakan DI/TII | | | | |
Kemampuan membuat peta | | | | |
Kualitas peta | | | | |
Keindahan dan kerapian | | | | |
Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment